Istilah Petugas Partai untuk Jokowi Bisa Bermakna Boneka Partai

Written By Unknown on Senin, 13 April 2015 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Peneliti senior Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri harus berhati-hati dalam menggunakan istilah "petugas partai" untuk merujuk kepada Presiden Joko Widodo. Menurut dia, penggunaan istilah tersebut bisa menimbulkan multitafsir dan kontroversi.

"Menurut saya, perlu hati-hati menggunakan diksi 'petugas partai' di ranah publik karena tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama. Yang terjadi justru menimbulkan kontroversi di ranah publik," kata Karyono Wibowo, di Jakarta, Senin (13/4/2015).

Apalagi, lanjut Karyono, ada persepsi negatif terhadap istilah "petugas partai" karena dianggap sebagai kata-kata yang merendahkan Presiden Jokowi. Ia mengingatkan, ada yang menganggap seorang petugas partai hanya menjadi "boneka partai".

"Namun, bila istilah tersebut diletakkan dalam perspektif kepartaian, memang tidak ada yang salah," ujarnya.

Karyono mengatakan, cara berkomunikasi Megawati yang menggunakan istilah "petugas partai" tidak salah bila ditujukan kepada kader partai. Siapa pun yang menjadi kader partai memang harus bersedia menjadi petugas partai.

"Apalagi, istilah itu juga sudah kerap diucapkan Megawati jauh sebelum Jokowi menjadi preside yang diusung PDI Perjuangan," kata Karyono.

Pidato yang disampaikan Megawati pada Kongres IV PDI-P di Sanur, Bali, beberapa hari lalu, menurut Karyono, untuk membangkitkan kesadaran publik tentang makna seorang kader partai yang harus menjalankan ideologi dan garis perjuangan partai. Selain itu, ia menilai, dalam pidatonya, Megawati juga memberi peringatan dan teguran kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar dalam menjalankan pemerintahan tetap mematuhi dan memegang teguh konstitusi.

"Pidato Megawati saat pembukaan kongres juga menegaskan sikap kritis PDI Perjuangan terhadap pemerintahan Jokowi-JK. Pidato tersebut bisa ditafsirkan sebagai peringatan dan teguran bagi pemerintah," kata Karyono.


Anda sedang membaca artikel tentang

Istilah Petugas Partai untuk Jokowi Bisa Bermakna Boneka Partai

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2015/04/istilah-petugas-partai-untuk-jokowi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Istilah Petugas Partai untuk Jokowi Bisa Bermakna Boneka Partai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Istilah Petugas Partai untuk Jokowi Bisa Bermakna Boneka Partai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger