Depresi Rupiah Jadi Sentimen Negatif Bagi Para Peritel

Written By Unknown on Senin, 30 Maret 2015 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Otot rupiah masih melemah terhadap dollar Amerika Serikat. Kondisi ini tentu membikin cemas para pelaku bisnis, termasuk emiten sektor ritel, yang masih mengandalkan barang impor sebagai produk andalannya. Jumat (27/3/2015), rupiah bertengger di posisi Rp 13.064 per dollar AS. Sejak awal tahun ini hingga akhir pekan lalu atau year to date (ytd), rupiah sudah melemah lebih dari 5,4% terhadap dollar AS.

Analis Mandiri Sekuritas, Matthew Wibowo menilai, depresiasi rupiah menjadi salah satu sentimen negatif bagi para peritel, seperti PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). Di antara keempat emiten saham peritel tersebut, kinerja MAPI dan ACES cenderung rentan terhadap pelemahan rupiah. Sebab, MAPI dan ACES masih banyak mengimpor barang dagangannya.

"Keduanya rata-rata memiliki produk impor di atas 80%," kata dia kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Namun dalam kalkulasi Analis Buana Capital, Marissa Wijayanto, MAPI dan ACES memiliki eksposur terhadap dollar AS setara dengan 50%. Kedua analis sepakat, koreksi rupiah berpotensi menurunkan margin perusahaan. Untuk menyiasatinya, perseroan bisa menaikkan harga jual. Namun, ini bukan langkah mudah. Jika mengerek harga jual, penjualan berpotensi menyusut. Ini lantaran daya beli masyarakat belum pulih sepenuhnya.

Dengan begitu, para peritel tak akan menaikkan harga jual produk dalam waktu dekat. "Paling tidak nanti di semester kedua baru menaikkan harga," tambah Matthew.

Sementara peritel yang tidak terlalu berpengaruh terhadap laju rupiah adalah peritel yang menggunakan produk lokal sebagai andalan. Marissa dan Matthew sama-sama melihat LPPF dan RALS paling banyak menjajakan produk lokal.

Meski kondisi makro ekonomi membaik dibandingkan tahun lalu, masyarakat masih cemas dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal itu dipengaruhi skema penetapan harga BBM yang sejalan harga minyak mentah dan laju rupiah. Maka tak heran jika daya beli masyarakat mungkin baru pulih di semester II 2015 seiring langkah pemerintah yang mulai mengeksekusi berbagai proyeknya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Depresi Rupiah Jadi Sentimen Negatif Bagi Para Peritel

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2015/03/depresi-rupiah-jadi-sentimen-negatif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Depresi Rupiah Jadi Sentimen Negatif Bagi Para Peritel

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Depresi Rupiah Jadi Sentimen Negatif Bagi Para Peritel

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger