Investor Korea: Proyek JSS sudah Mendunia, Semua Orang Tahu

Written By Unknown on Minggu, 25 Mei 2014 | 11.27

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,  JAKARTA - Proyek Jembatan Selat Sunda rupanya sudah mendunia.  Bahkan yang menyebut sudah mendunia tersebut bukan warga Indonesia.

Staf Ahli Pengembangan Kerjasama Pemerintah Swasta  Bappenas, Lukas Hutagalung bercerita, dirinya terkejut ketika salah seorang investor asal Korea, yang dia temui beberapa waktu lalu terlihat sangat bersemangat membahas soal Jembatan Selat Sunda (JSS).

"Saya tanya, loh Anda tahu proyek JSS dari mana?" tanya Lukas kepada investor tersebut.

"Loh Pak, proyek JSS itu sudah mendunia, semua orang tahu," ucap Lukas menirukan jawaban si investor.

Ditemui usai bincang-bincang, Kompasiana Nangkring bareng PT JM, Sabtu (24/5/2014), Lukas menceritakan, dia telah bertemu dengan sejumlah investor dan ahli-ahli jembatan, salah satunya adalah investor asal Korea itu.

Ia mengatakan, proyek yang masuk MP3EI itu memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, di samping anggaran yang dibutuhkan juga besar. Sekitar, lanjutnya, Rp 200 triliun hingga Rp 250 triliun.

Dari perbincangannya dengan para pakar, Lukas memaparkan, ada sejumlah resiko teknis, seperti pasang surut air laut, ombak yang tinggi, adanya gempa tektonik, dan lokasinya yang dekat dengan patahan sesar Selat Sunda, dan juga potensi volcano.

"Jadi, kalau proyek ini jadi, ini merupakan kemenangan dari para pakar jembatan seluruh dunia. Bayangin," sambung Lukas.

Atas dasar besarnya anggaran dan resiko yang tinggi itu, proyek JSS dinilai lebih baik dibangun dengan sistem "gotong royong".  "Kita jangan serahkan pada 1 pihak. Tapi kita bangun konsorsium dari swasta-swasta," katanya.

Dia menambahkan, pengembalian investasi dari proyek Rp 200 triliun itu memang lama. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika swasta yang membangun JSS adala gabungan perusahaan atau konsorsium.

Di samping itu, Lukas mengatakan, pemerinta juga bisa mencontek proyek Jakarta Monorail, di mana pihak swasta diberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan secara wajar, misal mengembangkan kawasan di sekitar JSS.


Anda sedang membaca artikel tentang

Investor Korea: Proyek JSS sudah Mendunia, Semua Orang Tahu

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/05/investor-korea-proyek-jss-sudah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Investor Korea: Proyek JSS sudah Mendunia, Semua Orang Tahu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Investor Korea: Proyek JSS sudah Mendunia, Semua Orang Tahu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger