Lampung Defisit Kedelai 83.291 Ton

Written By Unknown on Minggu, 15 September 2013 | 11.27

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Berdasarkan data Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Lampung, kebutuhan kedelai di Lampung pada 2013 diperkirakan mencapai 97.705 ton. Ini lebih besar dibandingkan produksi kedelai yang dihasilkan dari lahan pertanian di Bumi Ruwa Jurai yang diprediksi hanya 15.173 ton.

Rendahnya produksi kedelai di Lampung menyebabkan banyaknya kekurangan pasokan kedelai, terutama untuk kebutuhan pembuatan tahu dan tempe. Berdasarkan jumlah tersebut, pada tahun 2013 Lampung diperkirakan akan mengalami defisit kedelai mencapai 83.291 ton.

"Tahun lalu produksi kedelai di Lampung hanya sebesar 7.539 ton, sedangkan kebutuhan mencapai 97.705 ton," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Diskoperindag Lampung Ofrial, pekan lalu.

Menurut Ofrial, untuk menindaklanjuti Surat Menteri Perdagangan RI Nomer 337/PDN/SD/8/2013 tanggal 1 Agustus 2013 tentang Program Stabilitasi Harga Kedelai, disebutkan ada sembilan provinsi yang ditugaskan kepada Perum Bulog untuk melakukan pembelian kedelai petani.

Sembilan provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, dan Sulawesi Selatan. "Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan jumlah total kedelai yang akan dibeli sebesar 66.000 ton," sebut dia.

Ofrial menjelaskan, jumlah kedelai tersebut akan didistribusikan kepada perajin tahu tempe melalui Koperasi Pengusaha Tahu Tempe Indonesia (Kopti) di sembilan provinsi lainnya, yaitu Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan dan Bali dengan jumlah perbulannya sekitar 21.900 ton.

"Hingga sekarang Perum Bulog belum bisa mendistribusikan kedelai melalui Primkopti di sembilan provinsi tersebut," ungkapnya. Ofrial mengharapkan, permasalahan harga kedelai yang cukup tinggi dibandingkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) di pasaran akan segera terselesaikan sehingga perajin tahu tempe akan tetap memproduksi produknya.(her)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lampung Defisit Kedelai 83.291 Ton

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/09/lampung-defisit-kedelai-83291-ton.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lampung Defisit Kedelai 83.291 Ton

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lampung Defisit Kedelai 83.291 Ton

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger