Stt.. Ini Dia Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

Written By Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 11.26

Stt.. Ini Dia Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

Tribun Lampung - Sabtu, 13 April 2013 10:59 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Bukan sebuah perkara mudah menghadapi ujian nasional. Tekanan yang besar terkadang membuat sebagian siswa merasa terbebani atas kondisi yang tercipta. Namun itu semua tentunya dapat diminimalisir, tentunya dengan komitmen tinggi para siswa untuk memberikan performa terbaiknya dalam hadapi tes ini.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MMKS) SMA Kota Bandar Lampung Drs Sobirin MPd kepada Tribun berbagi beberapa tips yang kiranya dapat diterapkan siswa di Bandar Lampung dalam hadapi ujian nasional Senin (15/4/2013) mendatang. Berikut sejumlah tips tersebut.

- Latihan Soal
Dapat dipastikan, sejumlah siswa merasa bosan dengan tips yang satu ini. Tapi perlu diketahui, dengan tips satu ini para siswa akan terbiasa dengan ragam variasi soal yang akan ditemui kala ujian. Latihan, membuat siswa semakin matang atas materi yang dikuasai

- Disiplin Membagi waktu
Saat menghadapi ujian, waktu belajar yang ada harus dimbangi juga dengan aktifitas lainnya. Kejenuhan yang melanda kala mendalami soal harus diisi dengan kegiatan lain yang mampu memacu otak kembali berpikir jernih. Bermain game atau mencari udara segar, adalah opsi yang baik. Namun tentunya semua harus dengan porsi yang sesuai.

- Jaga Kesehatan
Meski ujian nasional hanya berlangsung selama tiga hari. Persiapan yang dilakukan tentu tidak hanya sehari dua hari. Butuh berbulan-bulan untuk menyiapkan diri, hadapi hari yang akan menentukan kelulusan tersebut. Untuk itu, fisik dan psikis harus dokondisikan dengan baik. Konsumsi makanan yang bergizi secara teratur, serta hindari pikiran dari beban mental yang yang mengakibatkan stres.

- Datang Ujian Lebih Awal
Usahakan untuk dapat datang 15 hingga 30 menit lebih awal saat ujian menjelang. Ini sangat penting bagi peserta ujian untuk beradaptasi dengan lingkungan. Keuntungan lain datang lebih awal, tentu saja kalian dapat melihat-lihat kembali catatan pelajaran yang akan diujiankan.

- Cek Perlengkapan
Perlengkapan alat tulis seperti pensil 2B, penghapus, rautan, pena, papan alas untuk menulis hingga nomor ujian merupakan beberapa barang yang tidak boleh terlewat. Bila perlu, sediakan sejumlah cadangan agar ketika salah satunya tidak dapat digunakan, kalian tidak repot meminjam kepada teman.

- Berdoa
Kerja keras yang telah dilakukan tidak akan begitu saja berbuah hasil yang manis bila tidak dibarengi doa. Terlebih doa dan restu yang diberikan dari kedua orangtua.  (heru prasetyo)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Stt.. Ini Dia Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/04/stt-ini-dia-tips-dan-trik-hadapi-ujian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stt.. Ini Dia Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stt.. Ini Dia Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger