Jangan Takut Ngidam

Written By Unknown on Jumat, 04 Januari 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Jumat, 4 Januari 2013 10:58 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Hampir semua orang dewasa Indonesia mengenal atau setidaknya pernah mendengar istilah Ngidam. Ketika mendengar ngidam maka yang terbersit dalam benak kita adalah wanita hamil yang memiliki keinginan "aneh-aneh". Umumnya kondisi ini digambarkan, sebagai keinginan wanita hamil pada makanan tertentu di luar kebiasaan (sewaktu tidak hamil).
 
Di sinilah persoalan kadangkala timbul, terutama jika yang diminta adalah makanan (atau buah) yang sulit didapat atau malah langka, ditinjau dari segi jenis maupun waktu. Biasanya kondisi ini terjadi pada saat hamil muda, ketika kandungan berusia di bawah lima bulan. Untuk teknis waktu setiap wanita hamil berbeda - beda, meski tidak semua ibu hamil mengalaminya.
 
"Ngidam, adalah tidak stabilnya emosi karena adanya perubahan fisik, hormonal dan psikis pada wanita hamil. Oleh sebab itu, antar satu dengan lainnya mengalami situasi yang berbeda - beda, termasuk pada teknis waktu terjadinya. Tapi tidak perlu khawatir, karena kondisi ini merupakan bagian dari proses kehamilan," ungkap Juhaini Ismail, Bidan Puskesmas Brabasan, Mesuji.
 
Juhaini mengungkapkan, berdasarkan jenisnya ngidam diklasifikasikan menjadi tiga, yakni ngidam berat, ngidam sedang dan ngidam ringan. Pada kondisi ngidam berat, biasanya ibu hamil akan mengalami muntah - muntah dengan volume yang sering. Hal ini dibarengi dengan tidak adanya nafsu makan dari ibu hamil tersebut.
 
Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka ibu hamil tersebut wajib mendapatkan perawatan intensif. Hal ini bertujuan agar tetap ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, melalui media infuse. Selain itu, untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada ibu hamil dengan ngidam berat ini.(ferika)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Takut Ngidam

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/01/jangan-takut-ngidam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Takut Ngidam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Takut Ngidam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger