Dirikan Bank Hipkom Berkonsep Bail Maal

Written By Unknown on Sabtu, 05 Januari 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Sabtu, 5 Januari 2013 10:26 WIB

Mengedepankan ciri bisnis secara islami, Hipkom Lampung melalui konsep Baitul Maal mendirikan Bank Hipkom. Salah satu unit usaha yang dikelola komunitas ini, bertujuan untuk mengayomi anggota dengan kegiatan ekonomi. Di mana manfaatnya, untuk membantu anggota dalam mengembangkan bisnis atau mengawali bisnis barunya.
 
Jamal Syeban mengungkapkan, secara teknis system ini menerapkan usahanya layaknya saham. Di mana 51 persen saham milik organisasi, sementara sisanya diserahkan pada anggota yang ingin menanamkan modalnya. Inti dari konsep ini, adalah membangun dan membantu bisnis anggota untuk lebih baik dari sebelumnya.
 
"Sebagai seorang pengusaha muslim, tidak hanya dituntut mampu memproduksi atau memasarkan produk saja. Lebih dari itu, pengusaha wajib memahami konsep perniagaan yang dicontoh ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dari sinilah, akhirnya muncul ide untuk membentuk fasilitas Bank Hipkom berkonsep Baitul Mall, yang di dalamnya memuat dasar niaga berkonsep Islam," ungkapnya.
 
Menjadi ciri khas dari bank ini, adalah system peminjaman atau penanaman saham non bunga atau riba. Di mana sebelumnya, secara bersama - sama ditetapkan ketentuan dan sarat berlaku yang disepakati seluruh anggota. Salah satunya, partisipasi aktif anggota dalam bentuk tabungan rutin, dan keaktifan dalam hal pembinaan.
 
"Dari ruang ini, terlihat jelas bahwa Hipkom tidak hanya bertujuan meningkatkan ekonomi para anggota. Lebih dari itu, secara bertahap menerapkan konsep Islam ke dalam bisnis, atau dengan kata lain pembentukan karakter pengusaha. Alhamdulillah sejak sistem ini dibentuk pada 23 September 2012 lalu, dampaknya sangat dirasakan oleh anggota" ujar Jamal.(fer)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Dirikan Bank Hipkom Berkonsep Bail Maal

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/01/dirikan-bank-hipkom-berkonsep-bail-maal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dirikan Bank Hipkom Berkonsep Bail Maal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dirikan Bank Hipkom Berkonsep Bail Maal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger