Olahraga Slalom Tidak Identik dengan Pria

Written By Unknown on Rabu, 14 November 2012 | 11.26

Olahraga Slalom Tidak Identik dengan Pria

Tribun Lampung - Rabu, 14 November 2012 10:53 WIB

Deru mesin dan decitan rem mobil seolah memekakkan telinga, pemandangan ini tersaji di lintasan area parkir Saburai, Bandar Lampung belum lama ini. Tapi anehnya, para pengemudi seakan asik menunjukkan aksi memelintir setir, dengan ragam tarian ala mobil yang dipertontonkan.
 
Dalam berbagai aksi apik ini, ternyata cukup menjadi perhatian masyarakat yang kebetulan berada atau melintas di lokasi tersebut. Hiburan gratis pada petang hari ini, acap kali dijadikan masyarakat setempat sebagai wahana refreshing.
 
Mereka adalah komunitas Lampung Slalom Community (LSC), yang sedang menggelar latihan rutin jelang kejuaraan nasional (kejurnas) MLD City Slalom, pada 3 November mendatang di Bandung. Tampak pada latihan itu, belasan pembalap LSC memacu berbagai jenis kendaraannya dengan teknik slalom yang khas.
 
Tidak kalah menarik, yakni aksi dua wanita yang mengendarai mobil jenis Jazz juga menunjukkan kepiawaiannya dalam mengendrai kuda besinya di lintasan basah Saburai. Lenggak - lenggok kendaraan, deru mesin dan pacuan adrenalin yang diciptakannya tidak pelak membuat kagum para penonton yang menyaksikannya.
 
"Latihan rutin ini, adalah bagian dari persiapan menuju kejurnas yang digelar di Bandung 3 November mendatang. Harapan kami, pada kejurnas ini mampu menorehkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kami juga mengikut-sertakan, dua anggota perempuan (Puteri Ika dan Utta) pada kejuaraan ini," ungkap Iben Ketua Umum LSC.
 
Iben mengungkapkan, tergabungnya dua cewek ini membuktikan bahwa slalom tidak identik dengan pria saja. Meski dari sisi jumlah kaum adam masih mendominasi, tapi kenyataannya olahraga otomotif ini juga mulai disukai perempuan. Oleh sebab itu, LSC tidak membatasi jenis kelamin anggotanya.
 
Menurutnya, pada dasarnya slalom bisa dikatakan sebagai dasar balap mobil. Di mana pembalap slalom, dapat menguasai berbagai teknik balap dari berbagai pakem balapan jenis lainnya. Sebut saja rally, drift dan berbagai jenis teknik balapan lainnya.
 
"Pembalap slalom pasti bisa rally/ drift. Sebaliknya, pe-rally/ drifting belum tentu bisa slalom. Hal ini cukup beralasan, karena slalom adalah teknik dasar dari sejumlah praktek balap otomotif umumnya. Sedangkan untuk jenis balapan lainnya, adalah hanya bagian dari pengembangannya," katanya.
 
Tidak hanya itu, tambah Iben, slalom juga membutuhkan keseimbangan dasar yang bertumpu pada tangan, kaki dan pikiran. Oleh sebab itu, ketiga unsur ini sangat berkaitan dan tidak boleh dilepaskan sama sekali.
 
Pada aplikasinya, focus perhatian (konsentrasi), gerakan tangan pada stir mobil, serta pijakan gas dan rem di bagian kaki wajib selaras dan seimbang mengikuti instruksi dan tahapan yang dipelajari anggota pada teknik slalom ini.(fer)

Editor : soni

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Olahraga Slalom Tidak Identik dengan Pria

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2012/11/olahraga-slalom-tidak-identik-dengan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Olahraga Slalom Tidak Identik dengan Pria

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Olahraga Slalom Tidak Identik dengan Pria

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger