Siap-siap, Bunga Tinggi Bank hingga Tahun 2017

Written By Unknown on Senin, 16 Maret 2015 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal mempertahankan kebijakan moneter ketat hingga tahun 2017. Ini artinya, BI akan cenderung mempertahankan suku bunga acuan tinggi seperti yang berlaku saat ini.

BI beralasan, kebijakan moneter ketat bertujuan mengobati defisit transaksi berjalan yang diperkirakan berada di level tidak sehat ini hingga tahun 2017. Walhasil, dengan suku bunga acuan tetap tinggi, bunga kredit perbankan juga masih akan mahal hingga dua tahun mendatang.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, neraca transaksi berjalan pada tahun ini, 2016, dan 2017 masih akan defisit di kisaran 3 persen. Padahal, batasan current account deficit (CAD) yang sehat adalah di bawah 3 persen. Lebih baik lagi jika surplus, artinya ada dollar masuk ke pasar domestik. "Perbaikan CAD tak bisa dalam waktu singkat," kata Agus, akhir pekan lalu.

Tingginya CAD sebagian besar bersumber dari neraca pendapatan dan jasa. Data terakhir 2014, defisit neraca jasa adalah 10,53 miliar dollar AS, turun dari tahun sebelumnya yang sebesar 12,07 miliar dollar AS. Untuk neraca pendapatan, yaitu pendapatan primer, tercatat defisit 27,82 miliar dollar AS.

Pembangunan infrastruktur yang bakal semakin gencar mulai tahun ini diperkirakan akan mendorong impor barang modal sehingga menahan laju perbaikan neraca transaksi berjalan.

Di sisi lain, BI ingin mengarahkan defisit transaksi berjalan ke level yang lebih sehat yaitu 2,5 persen-3 persen. Karena itu, "BI akan terus mempertahankan kebijakan cautious (berhati-hati) tapi cenderung ketat agar transaksi berjalan mengarah ke arah yang lebih sehat," tandas Agus.

Sudah tepat


Anda sedang membaca artikel tentang

Siap-siap, Bunga Tinggi Bank hingga Tahun 2017

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2015/03/siap-siap-bunga-tinggi-bank-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siap-siap, Bunga Tinggi Bank hingga Tahun 2017

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siap-siap, Bunga Tinggi Bank hingga Tahun 2017

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger