Investor Besar Banjiri Lampung, Pengusaha Lokal Bisa Tersingkir

Written By Unknown on Minggu, 02 November 2014 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG- Pembangunan kawasan industri di Lampung yang terintegrasi secara nasional harus mampu memajukan industri lokal.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Harry Warganegara Harun mengatakan, pembangunan kawasan industri tentunya akan menarik minat pengusaha skala nasional. Apalagi, hal tersebut menjadi rencana pemerintah pusat.

"Kalau pengusaha besar datang ramai-ramai, yang lokal bisa tersingkirkan. Pemerintah harus melibatkan pengusaha untuk membicarakan hal tersebut," kata Harry, Kamis (30/10).

Solusi yang bisa dilakukan, menurut Harry, adalah kerja sama antara pengusaha bermodal besar dan kecil. Atau, kerja sama antara industri nasional dan industri lokal.

"Dengan demikian, keberadaan kawasan industri turut mengembangkan daerah. Kalau tidak seperti itu, daerah tidak maju. Tetapi, analisis terhadap hal itu perlu dilakukan," terang Harry.

Selain itu, Harry menjelaskan, pembangunan kawasan industri harus memiliki visi pengembangan industri di Lampung. Jika tidak, kawasan industri tidak akan pernah terbangun.

"Kalau sekadar jadi proyek, itu tidak akan jalan. Pemerintah biasanya seperti itu. Mereka menjadikan sebagai proyek, seperti pembebasan lahan dan sebagainya. Makanya, tidak pernah selesai," papar Harry.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sebenarnya telah mengembangkan kawasan industri Lampung (Kail) sejak 2008 lalu. Meski begitu, pembangunan yang dilakukan konsorsium antara swasta, pemerintah pusat, dan pemprov itu, berjalan stagnan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo berencana membangun 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Menteri Perindustrian Saleh Husin menuturkan, pembangunan tersebut bertujuan mempercepat pembangunan pulau-pulau di luar Jawa. Satu di antara daerah yang akan dibangun kawasan industri tersebut, menurut Saleh, adalah Lampung.

"Itu arahan dari Bapak Presiden. Ada 13 kawasan industri di luar kawasan Pulau Jawa dan itu yang sementara ini diproses," kata Saleh.(rid)


Anda sedang membaca artikel tentang

Investor Besar Banjiri Lampung, Pengusaha Lokal Bisa Tersingkir

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/11/investor-besar-banjiri-lampung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Investor Besar Banjiri Lampung, Pengusaha Lokal Bisa Tersingkir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Investor Besar Banjiri Lampung, Pengusaha Lokal Bisa Tersingkir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger