Keluarkan Perppu Pilkada, Itu Cuma Trik Politik SBY

Written By Unknown on Sabtu, 04 Oktober 2014 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA- Pengamat politik pemerintahan Universitas Padjajaran Idil Akbar menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang memainkan trik politik dengan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang tentang pemilihan kepala daerah (perppu pilkada). Menurut Idil, SBY mengeluarkan perppu itu untuk memperbaiki citra di ujung masa pemerintahannya.

"SBY mencoba memainkan situasi, trik politik," kata Idil, dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/10/2014).

Idil menjelaskan, peryataannya itu dilandasi sejumlah keanehan dari sikap yang diambil Partai Demokrat saat memutuskan walkout di sidang paripurna pengesahan RUU Pilkada. Jika semangatnya mendukung pilkada langsung, maka seharusnya Demokrat berjuang optimal di parlemen dan tidak memilih walkout.

Ia melanjutkan, sikap walkout yang diambil Fraksi Demokrat di DPR kemungkinan besar diketahui oleh SBY. Bahkan, ia menduga sikap itu diambil atas instruksi langsung SBY melalui pimpinan Fraksi Demokrat di DPR.

"Pada situasi ini, SBY mencoba mengeluarkan perppu yang menjadi bagian dari trik politik tadi," ujarnya.

Keuntungan SBY dari perppu pilkada yang dikeluarkan, kata Idil, adalah agar fokus perdebatan mengenai pilkada melalui DPRD beralih ke DPR. Ia menuturkan, publik akan mengecam keras DPR jika perppu tersebut dipersulit apalagi ditolak.

"Jadi ingin mengalihkan situasi itu, supaya yang dikecam adalah DPR jika nanti menolak. Apapun hasilnya, menguntungkan buat SBY, tapi mungkin ada deal dengan Koalisi Merah Putih," ujarnya.

Pada Kamis (2/10/2014) malam, Presiden SBY menandatangani dua peraturan pemerintah pengganti undang-undang terkait kontroversi pemilihan kepala daerah tidak langsung yang telah disetujui DPR dan dimuat dalam UU Pilkada. Dua perppu yang dikeluarkan Presiden adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang sekaligus mencabut UU No 22/2014 yang mengatur pemilihan tidak langsung oleh DPRD.

Presiden mengatakan, sebagai konsekuensi dan untuk menghilangkan ketidakpastian hukum, diterbitkan pula Perppu No 2/2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menghapus tugas dan kewenangan DPRD untuk memilih kepala daerah sebagaimana tercantum dalam UU No 23/2014 tentang Pemda.


Anda sedang membaca artikel tentang

Keluarkan Perppu Pilkada, Itu Cuma Trik Politik SBY

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/10/keluarkan-perppu-pilkada-itu-cuma-trik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Keluarkan Perppu Pilkada, Itu Cuma Trik Politik SBY

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Keluarkan Perppu Pilkada, Itu Cuma Trik Politik SBY

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger