SBY Produk Langsung Pemilihan Rakyat, Tapi Dia Ingkar

Written By Unknown on Jumat, 26 September 2014 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo kecewa terhadap sikap Partai Demokrat yang memutuskan untuk walkout dari sidang paripurna pengesahan Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada). Dampak dari aksi Demokrat itu, mekanisme pemilihan kepala daerah tidak lagi langsung dipilih rakyat, tetapi lewat DPRD seperti Orde Baru.

Dia menilai, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum Demokrat seharusnya memegang penuh kendali dan bertanggungjawab penuh atas keputusan Pilkada lewat DPRD.

"Pak SBY itu produk yang dipilih langsung oleh rakyat, ternyata ingkar. Dia mengingkari masyarakat Indonesia yang menginginkan pemilihan langsung," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Tjahjo sadar bahwa hak politik Demokrat untuk mengambil keputusan tersebut. Namun, dia mempertanyakan sikap Demokrat yang sangat mudah berubah sikap. Padahal, PDI-P, PKB dan Hanura sudah mendukung opsi Pilkada langsung dengan 10 syarat yang diajukan Demokrat.

"Soal (Pilkada langsung) ada plus minusnya, mari kita perbaiki, jangan mengecilkan kedaulatan rakyat," ujar Tjahjo.

Sidang paripurna pengesahan RUU Pilkada menjadi UU pada Kamis (25/9) hingga Jumat dini hari, di Kompleks Parlemen Senayan, berlangsung alot hingga harus diputuskan melalui voting. Hasil akhirnya, sebanyak 135 anggota yang hadir memilih Pilkada tetap secara langsung. Adapun pendukung Pilkada lewat DPRD sebanyak 226 orang.

Fraksi Demokrat yang semula mendukung Pilkada langsung dengan syarat lalu memilih walkout ketika syaratnya sudah disetujui Fraksi PDI-P, PKB dan Hanura.

Saat itu, sebanyak 129 anggota dari 148 kursi milik F-Demokrat hadir dalam sidang paripurna. Namun, enam anggota F-Demokrat memilih bertahan di ruang sidang dan ikut memilih opsi Pilkada langsung saat voting.

Dari Washington DC, SBY mengaku kecewa atas keputusan Pilkada lewat DPRD. Namun, ia mengaku tetap menghormati keputusan itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

SBY Produk Langsung Pemilihan Rakyat, Tapi Dia Ingkar

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/09/sby-produk-langsung-pemilihan-rakyat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SBY Produk Langsung Pemilihan Rakyat, Tapi Dia Ingkar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SBY Produk Langsung Pemilihan Rakyat, Tapi Dia Ingkar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger