Marak Figur di Pilkada Ekonomi Daerah Positif

Written By Unknown on Minggu, 31 Agustus 2014 | 11.26

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ridwan Hardiansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG- Munculnya banyak figur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung, bisa memberikan imbas positif di bidang ekonomi. Khususnya, peningkatan peredaran uang di masyarakat.

Pengamat Politik Universitas Lampung Budi Kurniawan mengatakan, dalam beberapa studi yang sudah dilakukan, pilkada memiliki pengaruh dalam kegiatan ekonomi.

"Sebagian besar hasil studi menyatakan, ekonomi akan bergerak ke arah positif ketika pilkada diselenggarakan di suatu daerah," tutur Budi, Sabtu (30/8).

Imbas positif secara ekonomi tersebut, lanjut Budi, biasanya terjadi akibat pembelian alat peraga yang dilakukan figur yang berniat mencalonkan diri. Alat peraga tersebut dapat berupa brosur, stiker, spanduk, banner, dan lain-lain.

"Akibat belanja-belanja tersebut, peredaran uang di masyarakat akan semakin meningkat. Tentu, ini bisa berimbas ke sektor ekonomi lainnya," ungkap Budi.

Apabila figur yang muncul banyak, tentu alat peraga yang digunakan turut bertambah. Sehingga, peredaran uang semakin meningkat.

Peredaran uang tersebut, Budi menerangkan, belum menghitung money politic atau politik uang yang masih kerap terjadi dalam penyelenggaraan pilkada. Di mana, politik uang biasanya memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan penggunaan dana yang resmi.

Sementara terkait pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten/kota di Lampung pada 2015 mendatang, Budi mengatakan, pelaksanaan pilkada secara serentak maupun tidak, belum berimbas banyak secara keuangan. Hal itu karena masing-masih pemerintah daerah (pemda) tetap menggelontorkan dana yang sama, baik pilkada serentak maupun tidak.

"(Tahun 2015) itu kan memang sudah waktunya daerah-daerah tersebut menyelenggarakan pilkada. Secara finansial, dana penyelenggaraan pilkada dikeluarkan masing-masing pemda. Bersamaan atau tidak pelaksanaan pilkada di tujuh daerah itu, kebutuhan dana setiap daerah akan tetap sama," papar Budi.

Pilkada serentak, sambung Budi, hanya akan memudahkan KPU provinsi selaku bagian dari penyelenggara pilkada kabupaten/kota. Kemudahan tersebut terkait koordinasi dengan KPU kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

Menjelang pilkada di tujuh kabupaten/kota di Lampung, figur-figur yang diprediksi akan mengikuti pilkada mulai bermunculan. Data Tribun menunjukkan, setidaknya ada 32 orang yang diperkirakan akan bertarung pada pilkada di tujuh kabupaten/kota, yakni di Bandar Lampung, Metro, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, dan Way Kanan.(rid)


Anda sedang membaca artikel tentang

Marak Figur di Pilkada Ekonomi Daerah Positif

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/08/marak-figur-di-pilkada-ekonomi-daerah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Marak Figur di Pilkada Ekonomi Daerah Positif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Marak Figur di Pilkada Ekonomi Daerah Positif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger