Pemprov Lampung akan Bangun Jalan Feeder Jalintim, Jalinteng, dan Jalinbar

Written By Unknown on Selasa, 11 Maret 2014 | 11.27

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Untuk mengembangkan pusat ekonomi dan kawasan industri baru di wilayah yang berdekatan dengan jalan lintas timur (jalintim), perlu infrastruktur yang memadai.

Guna mendukung ide tersebut, Pemprov Lampung telah berencana membangun jalan feeder di antara jalintim, jalan lintas tengah (jalinteng), dan jalan lintas barat (jalinbar).

"Antara lintas timur, tengah, dan barat, ada jalan feeder itu. Misalnya Sribawono. Kan ada yang dari Pugung Raharjo, ke kanan bisa tembus lintas timur. Memang harus begitu. Ada jalan alternatiflah namanya, jalan penghubung," ujar Gubernur Lampung Sjachroedin ZP usai memimpin rapat bulanan dengan pejabat eselon II dan III di Ruang Sungkai, Balai Keratun, Pemprov, Senin (10/3).

Namun demikian, Oedin, sapaan akrabnya, menyatakan teori tersebut baru bisa terlaksana dengan adanya dukungan anggaran. "Tapi kan kalau ngomong saja duitnya tidak ada, kan namanya ngomong doang. Pikir saja yang ada dulu. Kan upaya sudah, Jalan Soekarno-Hatta ke depan jadi jalan provinsi, kami tukar dengan jalan dari Rejosari sampai Tarahan itu, begitu. Kan konsep namanya," katanya.

Pemprov juga berharap para pengusaha turut mengembangkan pusat ekonomi dan industri baru di wilayah yang berdekatan dengan jalintim. Pengembangan pusat ekonomi dan industri baru itu bertujuan memecah konsentrasi laju kendaraan di jalinteng, sekaligus membuka peluang dan penyebaran ekonomi di wilayah timur Lampung.

Menurut Ketua Pusat Studi Kota dan Daerah Universitas Bandar Lampung IB Ilham Malik, selama ini kendaraan angkutan barang dan penumpang, baik pribadi maupun umum, masih terkonsentrasi di jalinteng.

"Sebagian besar kegiatan ekonomi perusahaan skala sedang atau besar masih berada di wilayah tengah. Itu menyebabkan kendaraan angkutan barang terkonsentrasi di jalinteng. Kondisi jalinteng menjadi tidak sebanding dengan beban kendaraan dan muatan yang melintasinya, sehingga cepat rusak," jelas Ilham, Sabtu (8/3).

Ilham mengungkapkan perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan kendaraan distribusi yang juga berukuran besar saat ini terpusat di Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Lampung Tengah.

Kondisi tersebut, mau tidak mau membawa dampak peningkatan jumlah kendaraan yang tinggi di jalinteng. "Pengusaha harus mempertimbangkan membuka kawasan ekonomi baru di daerah timur di Lampung Timur," ungkap Ilham. (val)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemprov Lampung akan Bangun Jalan Feeder Jalintim, Jalinteng, dan Jalinbar

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/03/pemprov-lampung-akan-bangun-jalan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemprov Lampung akan Bangun Jalan Feeder Jalintim, Jalinteng, dan Jalinbar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemprov Lampung akan Bangun Jalan Feeder Jalintim, Jalinteng, dan Jalinbar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger