Cemas Berlebihan Membuat Tubuh Tak Seimbang, Ini Cara Mengatasinya

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Cemas yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh Anda. Untuk mengatasinya, ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk kembali membangun harmoni pikiran, tubuh, dan jiwa. Di antaranya adalah:

1.   Konsultasi  dokter.
Dapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk memastikan perasaan cemas itu tidak memicu masalah kesehatan lainnya. Dokter mungkin meresepkan obat seperti obat anticemas atau antidepresan untuk membantu Anda mengelola cemas berlebih.

2.   Olahraga   teratur .  
Dengan persetujuan dokter, mulailah program olahraga secara teratur. Hormon yang dihasilkan selama berolahraga sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.Olahraga regular seperti aerobik juga merupakan cara yang sangat efektif untuk melatih tubuh mengatasi stres dalam keadaan terkontrol.

3.   Makanan  sehat dan seimbang.  
Stres dan khawatir memprovokasi beberapa orang untuk makan terlalu sedikit, terlalu banyak, atau makan makanan yang tidak sehat.Jadi, jaga kesehatan Anda dengan menjauhkan pikiran Anda dari makanan tak sehat.

4.   Kurangi  kafein.  
Kafein merangsang sistem saraf yang dapat memicu adrenalin dan membuat Anda merasa gugup dan gelisah.

5.   Sadar akan  kekhawatiran.  
Sisihkan waktu 15 menit setiap hari untuk membiarkan diri fokus pada masalah dan ketakutan. Kemudian bersumpahlah untuk membiarkan kekhawatiran itu pergi.Ada beberapa orang yang melakukannya sambil memakai karet gelang. Sebagai tanda kekhawatiran sudah pergi, karet gelang pun dilepaskan.

6.   Belajar rileks.  
Ini kebalikan dari respon "fight or flight". Teknik relaksasi dapat memicu respons relaksasi,kehangatan, dan mental yang tenang.Tak hanya itu, dengan tehnik ini Anda juga bisa mengelola stres. Dengan relaksasi, aliran darah ke otak meningkat dan menggeser gelombang otak dari tanda bahaya ke santai. Jika dilakukan secara teratur, teknik ini dapat melemahkan stres. Teknik relaksasi umum meliputi pernapasan perut, meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, dan kegiatan seperti yoga dan tai chi.

7.   Meditasi .  
Penerunangan atau meditasi harian dapat membantu Anda bergerak di luar pikiran negatif dan memungkinkan Anda keluar dari kekhawatiran yang tak berujung. Dengan meditasi, Andadiajak memperhatikan apa yang terjadi pada saat ini tanpa memikirkan masa lalu atau masa depan. Meditasi mengurangi hormon seperti kortisol dan adrenalin, yang dilepaskan selama respon "fight or flight" atau respon stres.

8.   Miliki jaringan sosial yang kuat.  
Kesepian seringkali menjadi faktor risiko penyakit, seperti kolesterol tinggi atau merokok.Orang yang bahagia menikah dan atau memiliki jaringan luas (teman-teman) tidak hanya memiliki harapan hidup lebih besar dibandingkan orang-orang yang tidak. Selain itu, mereka juga memiliki lebih sedikit risiko pada hampir semua jenis penyakit.

9.   Konsultasi  terapis profesional.  
Konseling psikologis dapat membantu Anda mengembangkan strategi gaya hidup yang tepat untuk menangani isu-isu yang memicu cemas berlebihan.Metode psikologis ini dapat digunakan baik di dalam atau di luar program pengobatan lainnya.Terapis akan membantu Anda mengidentifikasi apa jenis pikiran dan keyakinan yangmenyebabkan kecemasan dan bagaimana Anda mengatasinya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Cemas Berlebihan Membuat Tubuh Tak Seimbang, Ini Cara Mengatasinya

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/03/cemas-berlebihan-membuat-tubuh-tak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cemas Berlebihan Membuat Tubuh Tak Seimbang, Ini Cara Mengatasinya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cemas Berlebihan Membuat Tubuh Tak Seimbang, Ini Cara Mengatasinya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger