MTs Nurul Falah Gunung Tiga Pugung Tanggamus Gelar Pemilos

Written By Unknown on Sabtu, 25 Januari 2014 | 11.26

Laporan Reporter Tribun Lampung  Reny Fitriani

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-MTs Nurul Falah Gunung Tiga, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, menyelenggarakan Pemilihan Umum Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pemilos).

"Dengan Pemilos 2014, siswa belajar memberikan hak suara ke calon yang dinilai memiliki visi dan misi bagus yang disampaikan melalui pidato kampanye" ujar Pembina OSIS, Revi Ricardo, dalam rilisnya, Sabtu (25/1/2014).

Menurutnya, pemilos ini diadakan persis seperti pemilu dalam lingkup lebih besar. Menggunakan tahapan dan asas Luberjurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

"Sebelum pemilos, diadakan pemilihan MPK (Majelis Perwakilan Kelas). MPK ini yang mengadakan pemilos. Pemungutan, dan penghitungan suara dilakukan persis seperti pemilu," terangnya.

Kepala Kepala MTs Nurul Falah WD Fatchurrochman Syam MPd I didampingi Ketua Yayasan Uts H Junaedi AR, menyampaikan bahwa pemilihan Ketua OSIS yang dilakukan secara terbuka oleh siswa dan guru, merupakan pembelajaran demokrasi agar siswa bisa belajar tentang arti demokrasi dan memperkenalkan proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) ke siswa.

"Ada bilik suara, ada kotak suara, dan juga telah disiapkan papan penghitungan suara," imbuhnya.

Sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ponpes Nurul Falah yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini memiliki lembaga untuk jenjang tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMK dikelola dengan sistem kebersamaan dan kekeluargaan, karena pendidikan adalah tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

"Semoga belajar demokrasi yang telah dilaksanakan di sekolah akan berguna bagi mereka saat hidup di masyarakat kelak. Mereka akan belajar toleransi, karena toleransi bukan sifat alami, melainkan suatu sikap perpanen yang dipelajari untuk mengatasi sikap permusuhan antarteman," bebernya.

"Meski ada yang berbeda dengan pemilihan umum, di sini semua calon pada akhirnya akan menjadi pengurus OSIS. Dan ada lagi bedanya, yaitu tanpa ada janji-janji palsu dan tanpa ada money politic. Digelar dengan damai dihiasi keceriaan," kata Fatchurrochman. (*/Reny Fitriani)


Anda sedang membaca artikel tentang

MTs Nurul Falah Gunung Tiga Pugung Tanggamus Gelar Pemilos

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2014/01/mts-nurul-falah-gunung-tiga-pugung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MTs Nurul Falah Gunung Tiga Pugung Tanggamus Gelar Pemilos

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MTs Nurul Falah Gunung Tiga Pugung Tanggamus Gelar Pemilos

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger