Pengamat: Indonesia Krisis Figur Calon Presiden

Written By Unknown on Senin, 16 Desember 2013 | 11.26

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, menilai bahwa saat ini Indonesia dihadapkan pada krisis figur calon presiden. Partai politik yang diharapkan dapat melahirkan kandidat capres berkualitas rupanya masih belum dapat bekerja sesuai yang diharapkan masyarakat.

"Masyarakat sekarang sedang dihadapkan dengan krisis kepemimpinan 4L, lu lagi, lu lagi," kata Hamdi dalam diskusi yang diselenggarakan lembaga riset Cyrus Network di Jakarta, Minggu (15/12/2013).

Kendati partai melakukan kaderisasi, Hamdi mengatakan, kader yang berkualitas justru tidak dimunculkan ke ruang publik. Parpol memiliki kecenderungan hanya menonjolkan satu calon, misalnya ketua umumnya saja.

Di sisi lain, menurutnya, parpol memiliki kecenderungan hanya ingin menonjolkan seorang figur yang sudah dikenal publik. Hal itu seperti terjadi pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang dinilai hanya menonjolkan sosok Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Ini menunjukkan jika pengaderan gagal. Kalau parpol bagus, maka yang keluar itu tidak hanya satu," katanya.

Hamdi mengatakan, kader berkualitas tidak dipilih karena kader tersebut tidak dekat dengan pimpinan parpol, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Akibatnya, mereka yang menduduki posisi strategis di parpol hanyalah mereka yang memiliki kedekatan hubungan yang baik dengan petinggi parpol.

Selain itu, ia mengatakan bahwa gagalnya sebuah negara untuk berkembang disebabkan karena diurus oleh orang yang gagal. Salah satu pengurus negara adalah mereka yang sekarang duduk di kursi legislatif. "Sementara mereka (anggota DPR) merupakan hasil kaderisasi partai politik," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengamat: Indonesia Krisis Figur Calon Presiden

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/12/pengamat-indonesia-krisis-figur-calon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengamat: Indonesia Krisis Figur Calon Presiden

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengamat: Indonesia Krisis Figur Calon Presiden

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger