Lampung Benteng Terakhir Konservasi Badak Sumatera

Written By Unknown on Kamis, 19 Desember 2013 | 11.26

Laporan Wartawan Tribun Lampung Hanafi Sampurna

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Provinsi Lampung menjadi benteng terakhir dalam upaya pelestarian badak sumatera di Indonesia.
Jumlah badak sumatera di Indonesia terus mengalami penurunan secara drastis dari tahun 2000. Yang terpantau terdapat 800 badak dan saat ini hanya tinggal 100 badak sumatera dan 80 badak berada di Lampung. Sedangkan 80 badak laiƱnya berada di Kalimantan dan Sabah Malaysia.

Sebanyak 80 badak tersebut berada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Lampung Barat, dan Tanggamus, Lampung.

Hal tersebut dikatakan Direktur Yayasan Badak Indonesia (YABI) Widodo Ramono pada kegiatan " Pelatihan  Penegakan Hukum bidang Kehutanan Perburuan dan Perdagangan Satwa Dilindungi."

Kegiatan tersebut digelar oleh BKSDA (Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam) Lampung dan YABI di Bandar Lampung, Kamis (19/12/2013)

"Di TNWK Lampung juga terdapat Suaka Rhino Sumatera (SRS) yang berhasil mengembangbiakkan badak dalam 124 tahun terakhir," imbuh Widodo.

"Badak sumatera saat ini hanya ada di Lampung yaitu sekitar 40 badak di TNBSS dan 40 badak di TNWK. Sedangkan di Taman Nasional Kerinci Seblat sudah tidak ditemukan badak lagi. Sehingga Lampung menjadi benteng terakhir konservasi badak sumatera di Indonesia," jelas Widodo.

Penurunan jumlah badak sumatera, lanjutnya, sebabkan diantaranya karena perburuan liar dan perambahan hutan. " Untuk itu upaya pengamanan dari peburuan dan perdangan satwa yang dilindungi merupakan upaya yang utama," papar Widodo.

Ia juga menghimbau kepada aparat penegak hukum untuk tidak permisif dalam melakukan penegakan hukum bidang kehutanan perburuan dan perdagangan satwa dilindungi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lampung Benteng Terakhir Konservasi Badak Sumatera

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/12/lampung-benteng-terakhir-konservasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lampung Benteng Terakhir Konservasi Badak Sumatera

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lampung Benteng Terakhir Konservasi Badak Sumatera

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger