Bisa Tidak Adik Menikah Mendahului Kakak?

Written By Unknown on Jumat, 02 Agustus 2013 | 11.27

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya remaja berusia 18 thn, dan saya mempunyai pacar yang lebih tua dri saya yang usianya 21 tahun. saya dan pacar saya sudah yakin ingin menikah, tapi saya mempunyai kakak lelaki yang belum menikah, apakah hukum nya bila saya menikah duluan sedangkan kakak lelaki saya belum menikah ?

Pengirim: +6287899840xxx

Menikah Dianjurkan Bila Sudah Memiliki Kesanggupan

Kepada semua pemuda dan pemudi agar segera menikah jika ada kemudahan, karena Nabi Shallallau `alaihi wa sallam telah bersabda.

Artinya : "Wahai sekalian pemuda, barangsiapa diantara kamu yang mempunyai kesanggupan, maka menikahlah, karena menikah itu lebih menundukkan pandangan mata dan lebih memelihara kesucian farji ; dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa dapat menjadi perisai baginya" [Muttafaq 'Alaih]

Sabda beliau juga.

Artinya : "Apabila seseorang yang kamu ridhai agama dan akhlaknya datang kepadamu untuk melamar, maka kawinkanlah ia ( dengan putrimu), jika tidak niscaya akan terjadi fitnah dan kerusakan besar di muka bumi ini" [Diriwayatkan oleh At-Turmudzi, dengan sanad Hasan]

Menikah juga banyak mengandung maslahat yang sebagiannya telah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam, seperti terpalingnya pandangan mata (dari pandangan yang tidak halal).

Serta menjaga kesucian kehormatan memperbanyak jumlah ummat Islam serta selamat dari kerusakan besar dan akibat buruk yang membinasakan.

Jadi tidak ada satu dalil pun yang melarang hal itu. Dan tidak terdapat pula dalil yang membicarakan tentang masalah itu. Namun hal ini menurut kami masuk dalam masalah adat/tradisi.

Adapun masalah adat/tradisi selama tidak bertentangan dengan syariat, maka adat/tradisi itu boleh dilakukan. Artinya, bila ada adik akan mendahului kakaknya dalam menikah, misalnya, maka tidaklah terlarang bagi sang adik itu untuk melangsungkan pernikahannya berdoa lantaran hal itu.

Semua ini hanya tergantung dengan keluarga yang bersangkutan. Dan hendaknya permasalahan yang ada dimusyawarahkan dan diselesaikan secara kekeluargaan.

H Mawardi AS
Ketua MUI Lampung (eka)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bisa Tidak Adik Menikah Mendahului Kakak?

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/08/bisa-tidak-adik-menikah-mendahului-kakak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bisa Tidak Adik Menikah Mendahului Kakak?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bisa Tidak Adik Menikah Mendahului Kakak?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger