Perlu Penegakan Hukum Simultan demi Meraih Keadilan

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 11:05 WIB

 Laporan Reporter Tribun Lampung, Wakos Gautama

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Kita semua tentu prihatin dengan situasi penegakan hukum dewasa ini yang diwarnai dengan ulah oknum-oknum yang mencederai kehormatan hakim.

Karenanya kita membutuhkan upaya penegakan hukum yang sistemik dan simultan untuk menghadirkan nilai-nilai keadilan di masyarakat.  Hal tersebut disampaikan Prof I Gede AB Wiranata, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Lampung dalam acara peluncuran buku "Menjadi Hakim Progresif" karya (Alm) JP Widodo di Ruang Sidang FH Unila (26/3/2013).

Melalui rilis yang diterima Tribun diterangkan, JP Widodo adalah Dosen FH Unila yang meninggal akibat sakit saat tengah menyelesaikan disertasinya. Buku menjadi hakim progresif membahas problematika kebebasan hakim pada masing-masing pribadi hakim, membedah kontradiksi di balik putusan-putusan hakim yang berkaitan dengan rasa keadilan masyarakat.

JP Widodo melakukan kritik terhadap putusan-putusan yang berbasis teks ansich yang seringkali mengabaikan rasa keadilan yang notabene menjadi hakikat dari kebebasan hakim.

JP Widodo mengusung karakter hukum progresif yang mampu memahami hukum baik secara teks maupun konteks serta filosofinya. Hakim harus mencari corong keadilan,bukan sekedar corong Undang-Undang. 

Acara ini dihadiri keluarga almarhum, dosen FH Unila dan mahasiswa. Buku yang diluncurkan ini notabene adalah draf disertasi almarhum JP Widodo, dosen FH Unila yang telah berpulang di akhir tahun 2012. (Wakos)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Perlu Penegakan Hukum Simultan demi Meraih Keadilan

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/03/perlu-penegakan-hukum-simultan-demi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perlu Penegakan Hukum Simultan demi Meraih Keadilan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perlu Penegakan Hukum Simultan demi Meraih Keadilan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger