Tekan AKI dengan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

Written By Unknown on Kamis, 10 Januari 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Kamis, 10 Januari 2013 10:35 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Guna menekan angka kematian ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)di wilayah Tulangbawang, Dinas Kesehatan setempat berancang-ancang untuk menggalakkan program pelayanan kesehatan maksimal bagi ibu hamil diwilayah itu.

Dalam pelaksanaannya, Diskes akan menerjunkan seluruh tenaga medis (dokter maupun bidan) yang memang mempunyai kompetensi dalam hal penanganan kesehatan ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Tulangbawang, Heri Novrizal menjelaskan, dalam pelayanan dasar kesehatan itu nantinya setiap tim medis yang diterjunkan mesti mampu melakukan deteksi awal terhadap kondisi kesehatan ibu hamil yang memiliki resiko tinggi.

"Pelayanan dasar itu meliputi bagaimana deteksi awal terhadap semua Ibu Hamil yang memilik resiko tinggi. Misalnya ibu hamil diatas 35 tahun, mengandung anak ke 4 keatas, lalu si ibu mempunyai riwayat berbagai macam penyakit. Seperti misalkan hipertensi, diabetes dan sebagainya," ujar Heri Novrizal, Kamis (10/01/13).

"Dalam pelaksanaannya nanti akan dibuat sejenis kelas khusus bagi Ibu hamil dengan dikumpulkan lalu diberi arahan serta pengertian tentang hal yang patut dilakukan ibu-ibu hamil," tambahnya.

Kedepan, sambung Heri, bagi ibu hamil yang diketahui mempunyai resiko tinggi kehamilan sebagaimana diuraikan diatas, disarankan agar melakuakn persalinan di Rumah Sakit.

"Setiap Ibu yang mengandung dengan resiko tinggi dipersilakan bersalin dirumah sakit dengan pembiayaan melalui program Jamkes atau Jampersal yang saat ini memang telah mendukung," ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Tulangbawang, angka kematian bayi diwilayah itu selama tahun 2012 lalu tercatat berjumlah 34 per 1000 kelahiran bayi hidup.

Adapun angka kematian Ibu pada tahun 2012 lalu tercatat ada dua kasus.

"Ada peningkatan jumlah kematian dari 2010 hingga 2012, oleh karena itu kami menargetkan di tahun 2013 AKI dan AKB dapat segera teratasi, namun itu semua mengenai peningkatan bisa jadi pelaporan sistem tidak benar, sebab besar keyakinan adanya perubahan signitifkan angka kematian, saya tekankan Bidan tidak takut melaporkan kematian bayi atau Ibu bayi," tandasnya. (end)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Tekan AKI dengan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/01/tekan-aki-dengan-pelayanan-kesehatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tekan AKI dengan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tekan AKI dengan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger