AS Kirim 200 Tank ke Mesir

Written By Unknown on Minggu, 20 Januari 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Minggu, 20 Januari 2013 10:26 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -Amerika Serikat (AS) berniat mengirimkan Jet F-16 dan 200 tank ke Mesir pada Senin mendatang. Pengiriman itu tetap dilakukan, meski sejumlah anggota Kongres AS merasa keberatan mengenai hal itu.

"Kongres tidak mengubah keputusannya mengenai penjualan senjata ke Mesir. Pemerintah AS mendengar seluruh pendapat yang ada di Kongres," ujar anggota Kongres AS William Taylor, seperti dikutip Al-Masry Al-Youm, Sabtu (19/1/2013).

Sejak meneken perjanjian damai dengan Israel pada 1979, Mesir menerima bantuan militer dari AS senilai miliaran dolar per tahun. Namun sejak Mesir dipimpin oleh fraksi Ikhwanul Muslimin, sejumlah anggota Kongres mendesak Pemerintah AS untuk memotong bantuannya ke Mesir.

Selain bantuan militer, Mesir pun menikmati bantuan dana dari Negeri Paman Sam atas proses transisi demokrasi yang mereka lakukan pascakejatuhan Husni Mubarak.

Seperti diketahui, perekonomian Mesir saat ini dihadapkan dengan permasalahan yang serius.

Bantuan dana itupun sudah ditegaskan kembali oleh Senator John McCain yang mengunjungi Mesir beberapa hari yang lalu dan bertemu dengan Presiden Mohamed Morsi. Saat itu, McCain dan Morsi tengah membahas komentar Morsi pada 2010 yang menyebut Israel sebagai keturunan kera.

Sikap Morsi langsung dikecam oleh Gedung Putih, McCain pun ikut menyuarakan kekecewaannya dengan politisi Ikhwanul Muslimin itu. Meski demikian, AS akan tetap berkomitmen untuk menyalurkan dana ke Mesir.

Meski demikian, McCain sempat menepis laporan yang mengatakan, bantuan AS ke Mesir akan meningkat karena transisi demokrasi di Mesir. McCain langsung mengajak negaranya agar bersabar saat menghadapi sebuah transisi demokrasi di negara lain.

"Perekonomian Mesir masih membutuhkan bantuan. Sulit untuk mewujudkan demokrasi bila banyak warga Mesir yang tak bisa makan," tegas McCain.(okz)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

AS Kirim 200 Tank ke Mesir

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2013/01/as-kirim-200-tank-ke-mesir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

AS Kirim 200 Tank ke Mesir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

AS Kirim 200 Tank ke Mesir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger