RM Ringan Terlihar pada Usia Sekolah Dasar

Written By Unknown on Sabtu, 08 Desember 2012 | 11.26

RM Ringan Terlihar pada Usia Sekolah Dasar

Tribun Lampung - Sabtu, 8 Desember 2012 10:24 WIB

Tendry menambahkan, gambaran utama RM dapat dilihat dari fungsi intelektual umum anak di bawah rata - rata. Secara klinis dibagi menjadi empat tingkat/ derajat keparahan yang mencerminkan tingkat gangguan intelektual pada anak RM. Seperti, RM ringan jika Intellgence Quotient (IQ) antara 55-70, RM sedang jika IQ antara 35-54, RM berat jika IQ antara 20-34 dan RM sangat berat jika IQ <20.
 
Selain itu, gambaran umum lainnya ditandai dengan kekurangan dalam perilaku adaptif (dalam proses belajar atau adaptasi sosial) yang dipertimbangkan berdasarkan budaya umum dan budaya setempat. Kondisi ini juga, diklasifikasikan timbul sebelum usia 18 tahun.
 
"Secara teknis, RM ringan mulai tampak gejala pada usia sekolah dasar. Misalnya, sering tidak naik kelas, selalu memerlukan bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pribadi. Umumnya dengan tingkatan ringan, anak dapat menyelesaikan pendidikan dasar. 80 persen dari anak dengan RM termasuk dalam golongan ini," ungkapnya.
 
Sedangkan untuk anak dengan tingkat RM sedang, sudah tampak sejak anak masih kecil. Ditandai dengan adanya keterlambatan dalam perkembangan, seperti perkembangan wicara atau perkembangan fisik lainnya. Anak hanya mampu dilatih untuk merawat dirinya sendiri. Pada umumnya tidak mampu menyelesaikan pendidikan dasarnya, dan angka kejadian sekitar 12 persen dari seluruh kasus RM
 
Sedangkan, RM dalam kategori berat dan sangat berat, juga dapat diketahui sejak anak lahir, yaitu melalui perkembangan motoriknya yang buruk dan kemampuan bicara yang sangat minim. Biasanya, kondisi ini hanya mampu untuk dilatih belajar bicara dan keterampilan untuk pemeliharaan tubuh dasar dan angka kejadian 8 persen dari seluruh RM.
 
"Dari berbagai pengetahuan ini, dapat diketahui bahwa jenjang RM dalam derajat ringan masih lebih besar dibandingkan dengan derajat lainnya, yakni 80 persen dari total 100 persen kasus RM. Dengan melihat ciri tersebut melalui deteksi dini, tentunya orangtua mampu untuk menempatkan posisi dan langkah untuk mengatasi dan menanganinya," tutupnya.(fer/dsb)

Editor : soni

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

RM Ringan Terlihar pada Usia Sekolah Dasar

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2012/12/rm-ringan-terlihar-pada-usia-sekolah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

RM Ringan Terlihar pada Usia Sekolah Dasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

RM Ringan Terlihar pada Usia Sekolah Dasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger