Ini Trik Menjadi Kiper Futsal

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 11.26

Tribun Lampung - Minggu, 11 November 2012 11:15 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pengamat futsal Endri Junanto memberikan beberapa trik agar tidak mengalami kesulitan bila ditugaskan menjadi kiper.
Ia mengatakan, pada dasarnya sama saja skill yang dimiliki oleh kiper futsal dengan kiper sepak bola. Namun karena ukuran lapangan yang kecil, maka ada beberapa skill yang menjadi prioritas untuk dimiliki seorang kiper futsal.

Shoot Stopping
Pertama, kiper harus memiliki shot stopping, yakni seorang kiper harus mampu menghentikan tendangan serta serangan lawan. Salah satu caranya adalah dengan blocking. Blocking istilah dalam istilah per-kiperan biasa dikenal dengan shoot stopping.

Positioning
Trik yang lain yakni positioning. Positioning ini merupakan suatu skill ketepatan dalam menempatkan posisi kita dalam menghalau tendangan dari lawan. Dengan positioning yang tepat, kita tidak akan dengan susah payah melakukan dive.

Throw/Lemparan
Dalam futsal, tendangan ke dalam atau goal kick diganti dengan goal throw atau lemparan dari seorang kiper. Perlu  diketahui ada beberapa lemparan yang biasa dilakukan kiper futsal, seperti lemparan softball, cakram, dan basket.

Komunikasi
Trik yang lain yakni komunikasi, komunikasi merupakan salah satu faktor penting guna menggalang koordinasi dengan pemain-pemain lainnya, agar posisi dari kawan kita mampu menutup ruang tembak atau  juga bisa menutup ruang gerak dari lawan yang berdiri bebas.
"Karena tugas  seorang kiper yang berposisi di belakang memiliki area penglihatan yang lebih luas. Dimana hal ini menjadi penting dalam berkomunikasi dengan kawan. Karenanya sangat penting menurut saya jika seorang kiper futsal itu cerewet, " terang Endri.

Konsentrasi
Konsentrasi, dalam olahraga futsal pergerakan pemain lawan maupun kawan sangatlah cepat. Untuk itulah seorang kiper futsal harus memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Dengan berkonsentrasi maka Anda bisa dengan cepat dan mudah dalam mengambil keputusan, baik dalam menyerang atau dalam keadaan bertahan.
Salah satu sarana yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan mengonsumsi nutrisi atau asupan yang memang diyakini bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda selama bertanding. Seperti buah pisang, kopi atau kafein, dan diusahakan sebelum bertanding serta istirahat yang cukup.

Keberanian
Agak sulit memang  mendefinisikan keberanian di sini, apakah berani yang modal nekat ataukah berani dalam mengambil keputusan. Satu hal yang pasti jika Anda sudah memilih untuk menjadi seorang kiper futsal.
Satu hal yang pasti jika Anda sudah memilih untuk menjadi seorang kiper futsal.
Maka keberanian merupakan salah satu hal yang patut Anda miliki, mengapa? karena skill yang bagus baik akan percuma jika pada akhirnya Anda takut sebelum bertanding terutama ketika berhadapan dengan lawan yang  Anda anggap lebih baik.

Handling/Tangkapan
Untuk beberapa kasus dalam bermain futsal, ada baiknya jika  kita melakukan tepisan, atau hanya mengubah jalur tembakan dengan tangan. Mengapa? Pasalnya dalam futsal tendangan-tendangan yang dilakukan serta bola yang digunakan membuat nyeri jari jemari, terlebih bagi kiper yang tidak menggunakan sarung tangan alias barehand.
Namun, sebagai kiper kita harus memiliki tangkapan yang baik alias lengket agar tidak terjadi rebound yang bisa dimanfaatkan oleh pemain lawan.
Untuk melakukan tangkapan yang baik, hal perlu diperhatikan dan dilatih adalah posisi dari jari jempol atau ibu jari yang tepat. Bentuk jari yang bagus adalah membentuk W.

Reaksi
Reaksi merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang kiper, baik dalam futsal atau lapangan besar. Dalam futsal reaksi menjadi salah satu syarat yang mutlak harus dilatih. Pasalnya, permainan cepat dari futsal yang mengharuskan kita bisa mengantisipasi segala ancaman ke gawang kapanpun dan darimanapun.(byu)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Trik Menjadi Kiper Futsal

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2012/11/ini-trik-menjadi-kiper-futsal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Trik Menjadi Kiper Futsal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Trik Menjadi Kiper Futsal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger