Dianggap Hina Gus Dur, Ini Jawaban Sutan

Written By Unknown on Rabu, 28 November 2012 | 11.26

Tribun Lampung - Rabu, 28 November 2012 10:59 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Sutan Bhatoegana akhirnya angkat bicara terkait tudingan bahwa ia menghina Gus Dur. Pernyataan Sutan yang dinilai menghina Gus Dur itu disampaikan saat mengisi sebuah diskusi. Hal ini pun memicu reaksi dari kalangan Nahdliyin. Sutan menilai tuduhan itu adalah fitnah karena dirinya sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan mantan Presiden RI tersebut.

"Enggak ada sama sekali dan itu saya bantah. Bisa dilihat pada rekaman dialog hari Rabu lalu, tidak ada sama sekali," ujar Sutan, Selasa (27/11/2012), di Kompleks Parlemen, Senayan.

Sutan menjelaskan, kasus ini menjadi ramai setelah mantan Juru Bicara Gus Dur Adhi Massardi mengeluarkan pernyataan terkait dialog tentang "Pembubaran BP Migas untuk Kemakmuran Rakyat" pada Rabu, 21 November lalu. Adhie menuding Sutan telah menyebut pemerintahan Gus Dur "dilengserkan" akibat skandal korupsi Bulog dan Brunei-gate.

Menurutnya, pada awalnya, dalam dialog itu, Adhi memojokkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY seolah-olah dianggap melindungi koruptor dan mafia migas dengan keputusan pembubaran BP Migas.

"Saya bilang itu kan undang-undang. Itu produk yang lalu, itu tidak boleh dibongkar-bongkar dan ajaran Pak SBY kepada kami untuk menghormati para pendahulu, termasuk Gus Dur," ucapnya.

Di dalam diskusi itu, Sutan menuding Adhie mengatakan bahwa SBY menjual tanggul LNG sebagai alat tawar untuk mendapatkan pedang kehormatan dari Inggris. Mendapati tudingan tajam Adhie itu, Sutan mengaku sakit hati.

"Ketika itu saya membantah, terus saya bilang Anda itu dari Gerakan Indonesia Bersih, mestinya hati Anda bersih. Kalau mau mendukung pemerintah bersih, saya dukung 100 persen. Tapi bukan dengan cara menuduh seperti ini. Lalu saya katakan, pemerintah yang lalu juga banyak salahnya," kata Sutan, menirukan pembicaraannya kepada Adhie.

Pernyataannya ini, lanjut Sutan, langsung disanggah Adhie yang mengatakan Gus Dur bersih. "Kalau gitu kenapa dia diturunkan di tengah jalan? Itu saja yang saya bilang. Namun, dua hari kemudian beliau (Adhie) membuat pernyataan seolah-olah saya mendiskreditkan Gus Dur," kata Sutan.

Ketua Komisi VII DPR bidang energi ini pun langsung menghubungi keluarga Gus Dur untuk memberikan klarifikasinya. Keluarga Gus Dur, lanjutnya, tidak mempermasalahkan hal ini.

"Jadi, kuncinya Adhie Massardi memfitnah saya, mendiskreditkan saya, dan menyampaikan hal-hal yang tidak saya sampaikan," ujarnya.

Terkait tuntutan keluarga besar Nahdliyin yang meminta Sutan minta maaf, dirinya mengaku tidak merasa bersalah.

"Saya kira kalau saya salah, saya akan minta maaf. Tapi untuk ini bukan saya yang salah. Saya mempersilakan Adhie Massardi dan teman-temannya melaporkan saya ke polisi, itu tidak masalah," ucap Sutan.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Dianggap Hina Gus Dur, Ini Jawaban Sutan

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2012/11/dianggap-hina-gus-dur-ini-jawaban-sutan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dianggap Hina Gus Dur, Ini Jawaban Sutan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dianggap Hina Gus Dur, Ini Jawaban Sutan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger