Idul Kurban Diperkirakan Bareng

Written By Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012 | 11.26

Tribun Lampung - Rabu, 10 Oktober 2012 10:32 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Setelah perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah antara pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah yang bersamaan, perayaan Idul Adha tahun ini juga diperkirakan bareng lagi.

Anggota Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Jatim KH Sholeh Hayat mengatakan, potensi Idul Adha akan dirayakan bareng, diperoleh dari isyarat keberadaan posisi hilal pada waktu ijtimak dengan perhitungan hisab pada hari Senin 15 Oktober bersamaan dengan tanggal 29 Dzulqo'dah, terjadi sekitar pukul 19.02 Wib setelah waktu Isya'.

"Saat itu, posisi ketinggian hilal masih dibawah ufuk, yakni minus 02,49 derajat," ujarnya, kepada Surya (tribunnews group), Rabu (10/10/2012).

Selain itu, lanjut Sholeh, berdasar hasil hitungan hisab para Ulama ahli hisab di Badan Hisab Rukyat Provinsi Jatim, dari 22 sistem rujukan kitab salaf dan modern, seperti Fathurrouf fil manan, hisab hakiki, newcomb, dan sejumlah kitab lainnya, hilal pada hari Senin malam masih belum dapat dirukyat. Sehingga umur bulan Dzulhijjah diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari.

"Dari situ dapat diambil kesimpulan,  bahwa tgl 1 Dzulhijah jatuh pada hari Rabu 17 Oktober 2012," jelas Sholeh, yang juga Ketua Tim Rukyatul Hilal PWNU Jatim ini.

Meski sudah ada gambaran akan bareng, untuk memastikan apakah Idul Adha jadi dirayakan Jumat, 26 Oktober 2012, menurut Sholeh, ada dua hal yang perlu ditunggu. Yakni, hasil rukyatul hilal tim PWNU Jatim dan hasil sidang istbat menteri agama untuk menetapkan Idul Adha 1433 Hijriyah.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


Anda sedang membaca artikel tentang

Idul Kurban Diperkirakan Bareng

Dengan url

http://lampungposting.blogspot.com/2012/10/idul-kurban-diperkirakan-bareng.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Idul Kurban Diperkirakan Bareng

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Idul Kurban Diperkirakan Bareng

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger