Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts Today

Perawat: Rohidayat Menderita Dua Luka Tembak

Written By wartini cantika on Minggu, 31 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Minggu, 31 Maret 2013 11:15 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menurut salah satu perawat Klinik Kasih Bunda, korban Rohidayat menderita luka tembak. "Ada dua lubang luka tembak, masing-masing di pantat kanan dan pinggang belakang. Namun, di bagian pinggang hanya terkena serpihan proyektilnya, sedangkan di pantat peluru masih bersarang," jelas perawat tersebut, Minggu (31/3/2013).

Petugas medis lantas merujuk Rohidayat ke RSU Abdoel Moeloek Bandar Lampung. "Korban langsung kita rujuk, untuk mengangkat proyektil peluru yang masih bersarang," ujarnya.

Rohidayat menjadi korban begal jalan lintas Sumatera, Desa Candimas, Abung Selatan, Lampung Utara, Minggu sekitar pukul 04.00 WIB.

Warga Desa Nesti Karya, Kecamatan Waway Karya, Lampung Timur itu, selain harus menderita luka tembak, juga terpaksa merelakan motor Honda Revo BE 4897 EH miliknya dibawa kabur pelaku.(anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Drama 11 Gol, Bayern "Kubur" Hamburg

Tribun Lampung - Minggu, 31 Maret 2013 10:30 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bayern Muenchen selangkah lagi akan meraih gelar Bundesliga ke-23. Bermain di depan pendukungnya sendiri di Allianz Arena pada (30/3), Muenchen sukses menggasak tamunya, HSV Hamburg dengan skor telak 9-2.

Bayern turun dengan beberapa perubahan di skuat utamanya demi menyimpan tenaga untuk melawan Juventus. Striker utama Mario Mandzukic dicadangkan dan digantikan oleh Claudio Pizarro. Xerdhan Shaqiri juga tampil menggantikan peran Franck Ribery.

Bayern langsung mencetak gol pada saat waktu pertandingan menunjukkan menit ke-5. Pemain sayap mereka asal Swiss, Shaqiri melepaskan tendangan datar namun terarah ke pojok gawang Rene Adler.

Seakan tidak ingin membiarkan Hamburg berkembang untuk melawan, Bayern mencetak gol keduanya pada menit ke-19 . Kali ini Bastian Schwensteiger yang memanfaatkan umpan Shaqiri dan sukses menggandakan keunggulan timnya.

Seakan ingin membuktikan diri, Claudio Pizarro ikut mencatatkan namanya di papan skor. Bayern berhasil mencetak gol ketiganya pada menit ke-30.

Gelontoran gol The Bavarians berlanjut tiga menit berikutnya. Kali ini Arjen Robben yang menjadi aktornya. pemain asal Belanda itu melakukan umpan satu dua dengan Pizarro dan mengirim bola ke pojok gawang.

Gol kelima Bayern menutup babak pertama pertandingan ini. Tepat sebelum babak pertama berakhir, Pizarro mencetak gol keduanya memanfaatkan bola rebound tendangan Shaqiri.

Pizarro mencetak hattrick pada menit ke-53, memanfaatkan umpan Robben, Pizarro menaklukan kiper lawan dengan backheel -nya.

Tidak sampai satu menit, Bayern mencetak gol ketujuhnya. Memanfaatkan pertahanan buruk Hamburg, Robben sukses mencetak gol keduanya.

Pizarro sukses mencetak gol keempatnya pada menit ke-68. Melalui kerja sama Thomas Mueller dan Franck Ribery, Bayern unggul jauh 8-0.

Hamburg akhirnya mampu mendapatkan gol hiburan. Jeffrey Bruma sukses menanduk umpan tendangan sudut Rafael Van der Vaart dan membuat skor menjadi 8-1 pada menit ke-75.

Franck Ribery seakan tidak ingin ketinggalan dalam urusan mencetak gol. Tendangan melengkungnya menaklukan Adler hanya satu menit setelah gol Hamburg.

Hamburg kembali mencetak gol. Seperti proses gol pertama, kali ini umpan Van der Vaart sukses dikonversi oleh Heiko Westermann menjadi gol dengan tandukannya pada menit ke-86.

Skor akhir bertahan pada angka 9-2 untuk kemenangan tuan rumah. Kemenangan yang membuat anak asuh Jupp Heynckes hanya butuh satu kemenangan lagi untuk merengkuh gelar liga setelah berpuasa selama dua musim.(tribunnews)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pasangan Kumpul Kebo Diminta Taat Hukum

Tribun Lampung - Minggu, 31 Maret 2013 10:44 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Warga yang selama ini sering melakukan praktik kumpul kebo atau hidup serumah tanpa nikah diminta menghormati hukum yang berlaku di Indonesia. Perbuatan kumpul kebo dinilai bukan hanya dilarang oleh undang-undang (UU), melainkan juga ketentuan dalam ajaran Agama Islam.

"Ketentuan hukum tersebut agar tetap dipatuhi dan jangan lagi dilanggar, karena ini tujuannya tidak lain untuk menyadarkan masyarakat menghindari perbuatan yang tercela dan sangat memalukan itu," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia  Sumatera Utara H Abdullah Syah di Medan, Minggu (31/3/2013).

Oleh karena itu, katanya, pelaku yang terbukti melaksanakan kumpul kebo harus diberikan sanksi hukum yang tegas, sehingga dapat membuat efek jera dan tidak mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum. Apalagi, kata dia, kumpul kebo juga meresahkan masyarakat dan harus dilarang dan tidak dibenarkan tinggal di suatu daerah.

Abdullah mengatakan bahwa pihaknya sependapat dan mendukung bahwa kumpul kebo masuk dalam Rancangan Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP) yang mempidanakan para pelakunya. Sebab selama ini, jelasnya, perbuatan kumpul kebo tidak diatur dalam Ketentuan UU tersebut, lain dengan zina yang masuk dalam peraturan KUHP.

Dengan adanya sanksi hukum yang berat bagi pelaku kumpul kebo itu, maka diharapkan tidak akan ada lagi masyarakat yang mau hidup serumah, tanpa menikah dan diatur dalam UU Perkawinan.

"Perbuatan kumpul kebo itu merugikan masyarakat. Jika dari kegiatan kumpul kebo melahirkan anak, bagaimana status hukum dari anak tersebut? Karena kedua orang tuanya tidak menikah dan diatur dalam UU Perkawinan," kata pria yang juga menjadi Guru Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara.

Pemerintah maupun masyarakat, kata dia, diharapkan ikut bertanggung jawab untuk menyadarkan para pelaku kumpul kebo. Dia menyarankan sebaiknya pasagan yang saling mencintai agar menikah saja.

"Kalau kedua pasangan tersebut sudah memang benar-benar saling mencintai, tidak perlu kumpul kebo dan langsung saja menikah sesuai dengan ketentuan UU Perkawinan," katanya.

Sekadar informasi, dalam ketentuan Pasal 485 Rancangan KUHP, setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan yang sah, dipidana penjara paling lama 1 tahun atau denda Rp 30 juta. Hukuman ini bersifat alternatif, yaitu hakim dapat memilih apakah dipidana atau didenda.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Jalur Liwa-Krui Mulai Normal Lagi

Tribun Lampung - Minggu, 31 Maret 2013 10:57 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID- Jalur lintas pantai pesisir barat (jalinpanbar) sudah bisa dilalui kembali sejak Sabtu (30/3/2013) sore kemarin sekitar pukul 17.30 WIB. Longsor sendiri terjadi sekitar pukul 15.20 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah Lampung Barat (Lambar) Okmal mengutarakan, jalur tersebut sudah normal dan bisa dilalui. "Longsorannya mencapai delapan meter panjangnya. Dekat dengan kolam renang Way Sinda, Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit," kata Okmal kepada Tribunlampung.co.id, Minggu (31/3/2013).(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Foto-Foto Petani Metro Mulai Panen Raya

Tribun Lampung - Minggu, 31 Maret 2013 11:05 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID/LEO DAVID

Petani di Kota Metro mulai memasuki masa panen. Petani mulai memanen padi di sejumlah persawahan yang ada di daerah ini, Minggu (31/3/2013).

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID/LEO DAVID

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID/LEO DAVID

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Petani di Kota Metro mulai memasuki masa panen. Petani mulai memanen padi di sejumlah persawahan yang ada di daerah ini, Minggu (31/3/2013).

Diketahui, meski merupakan kota, sebagian penduduk Metro masih menggantungkan nafkahnya dari hasil pertanian, khususnya persawahan.

Wali Kota Lukman Hakim beberapa waktu lalu juga mengkhawatirkan semakin menurunnya luas areal persawahan di daerahnya. Setiap tahun, areal sawah terus berkurang karena tumbuhnya pemukiman. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

678 Unit Bangunan Sekolah Butuh Perhatian

Written By wartini cantika on Sabtu, 30 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Sabtu, 30 Maret 2013 11:20 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ada 678 unit bangunan sekolah secara keseluruhan di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sesuai data jumlah sekolah sampai dengan tahun 2013.

Bupati Lambar Mukhlis Basri mengutarakan, untuk TK/RA sebanyak 138 unit, SD/MI 367 unit, SMP/MTS 121 unit. "Sementara untuk SMA/MA/SMK sebanyak 51 unit dan perguruan tinggi satu unit (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah)," kata Mukhlis kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (30/3/2013).

Menurut Mukhlis, bangunan sekolah tersebut masih membutuhkan perhatian lebih dalam melengkapi fasilitas penunjang pendidikannya. Oleh karena itu, tutur dia, kebijakan pembangunan bidang pendidikan diupayakan untuk memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sebagai upaya meningkatkan daya saing SDM Lambar.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Suporter Madrid Tunda Pawai untuk Mourinho

Tribun Lampung - Sabtu, 30 Maret 2013 10:49 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Seorang suporter Real Madrid menyetujui permintaan klub untuk menunda pawai di Ibu Kota Spanyol itu sebagai wujud dukungan terhadap Jose Mourinho.

Penggemar Los Blancos bernama Tonin el Torero berinisiatif mengadakan pawai untuk pelatih asal Portugal itu. Rencananya, pawai itu diselenggarakan pada 6 April mendatang, namun akan ditunda hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

"Beberapa jam belakangan, aku menerima beberapa panggilan telepon dari sejumlah orang di klub yang mengatakan, Mourinho senang dan menghargai inisiatif itu, tetapi ia berpikir hal itu dapat mengganggu ketenangan tim," kata El Torero kepada AS, Jumat (29/3/2013).

"Aku diminta menundanya untuk kebaikan tim. Mereka menasihatiku untuk menahan kegembiraan. Mengapa? Mungkin Mourinho tak ingin hal itu memengaruhi hasil kerja bagusnya atau seseorang bisa jadi menggunakannya (pawai itu) untuk melawan dirinya (Mourinho)," sambungnya.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Fraksi Demokrat Minta Pemkab Sajikan Data Fasilitas Pendidikan

Tribun Lampung - Sabtu, 30 Maret 2013 11:10 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

DPRD Lampung Barat (Lambar) khususnya dari Fraksi Demokrat menilai perlu adanya penyajian data fasilitas pendidikan. Mulai dari pra sekolah sampai dengan perguruan tinggi di kabupaten ini.

"Khususnya dalam jangka waktu 20 tahun ke depan. Hal ini diperlukan agar dapat meningkatkan daya saing pendidikan bagi masyarakat Lampung Barat," kata anggota fraksi yang juga Ketua Komisi C Ulul Azmi Soltiansyah kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (30/3/2012).

Diutarakan dia, ini diperlukan juga untuk mengantisipasi melonjaknya angka pengangguran akibat lemahnya daya saing pendidikan masyarakat di kabupaten terujung Lampung.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Ishak Mesti Menegur Keras Satker

Tribun Lampung - Sabtu, 30 Maret 2013 11:35 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Pengamat pembangunan daerah dari STIE Muhammadiyah Kalianda, Herwanto menilai, pemerintah daerah harus serius melakukan inventarisasi aset yang tersebar di seluruh satker.

Menurutnya, masih banyaknya satker yang belum melaporkan hasil inventarisasi aset menjadi bukti bahwa manajemen pengelolaan aset daerah masih lemah. Apalagi, dari laporan aset beberapa satker ditengarai tidak sesuai dengan fakta faktualnya.

"Bupati atau sekda harus memberikan teguran keras kepada satker yang lamban dalam pendataan aset tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan banyak asset di satker tersebut bermasalah," paparnya, Sabtu (30/3).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Sekda Kabupaten Lampung Selatan Ishak sempat menyentil 18 satker yang belum melaporkan asset yang ada di instansinya.(Dedi/tribunlampung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Herwanto: Sistem Pendataan Pemkab Lemah

Tribun Lampung - Sabtu, 30 Maret 2013 11:45 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Pengamat pembangunan daerah dari STIE Muhammadiyah Kalianda Herwanto menilai, sistem pendataan dan pengawasan asset daerah selama ini masih cukup lemah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Akibatnya, lanjutnya, banyak aset-aset di satker yang secara data masih terlihat, namun kenyataannya seringkali tidak jelas keberadaannya.

"Harus ada pembenahan sistem pelaporan dan pengawasan terhadap pengelolaan asset daerah," terangnya, Sabtu (30/3).

Dikatakannya, tanpa ada upaya pembenahan yang signifikan, hasil laporan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) akan selalu ada catatan tentang aset tersebut.(Dedi/tribunlampung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Petugas SOKLI Buang Sampah Angkutan Sembarang Tempat

Written By wartini cantika on Jumat, 29 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Jumat, 29 Maret 2013 10:55 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.I D -

Petugas SOKLI atau kebersihan dari Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pertamanan (BLHKP) Lampung Barat (Lambar) membuang sampah hasil angkutan di sembarang tempat.

Gambar tersebut menunjukkan petugas SOKLI tengah membuang sampah di lahan kosong semak belukar yang notabene bukanlah tempat pembuangan sampah sementara atau akhir, Jumat (29/3/2013). Tepatnya di pinggir jalan menuju Lingkungan Karyamaju (Serdang), Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit.

Tribun kerap kali melihat petugas SOKLI membuang sampah di sana. Itu lantaran TPS yang berada sekitar 50 meter dari tempat tersebut belum bisa difungsikan lantaran dalam tahap perehaban. Sampah yang dibuang pun beragam, mulai dari sampah organik hingga nonorganik yang sulit terurai.

"Ya mau gimana, keganggu jelas tapi gak bisa berbuat apa-apa. Apalagi petugasnya tetangga kita sendiri," kata Giyo, warga Serdang kepada Tribunlampung.co.id.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Mukhlis Pastikan RPJPD Sejalan dengan Kemampuan APBD

Tribun Lampung - Jumat, 29 Maret 2013 11:19 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Bupati Lambar Mukhlis Basri menyatakan akan menjaga keterpaduan antara perencanaan pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dengan RPJPD, dan APBD.

"Untuk mengukur tingkat keberhasilan dari visi, misi, dan arah pembangunan di setiap programnya, maka dalam penetapan arah dan program pembangunan selalu disertai dengan indikator kinerja yang jelas dan terukur," kata dia kepada Tribunlampung.co.id, Jumat (29/3/2013).

Dalam mengukur itu, tuturnya, instrumennya adalah standar pelayanan minimal yang dituangkan dalam RPJMD. RPJMD tersebut telah disusun sesuai PP Nomor 8 tahun 2008 serta Permendagri Nomor 54 tahun 2010. "Dokumen RPJMD merupakan wujud komitmen kita bersama untuk acuan dan pedoman arah pembangunan kabupaten Lambar. Saat ini tinggal menunggu RPJPD," tandasnya.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Polisi Sebar Personel di 16 Gereja

Tribun Lampung - Jumat, 29 Maret 2013 11:05 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Leo David

TRIBUNLAMPUNG.CO.I D -

Polres Kota Metro menerjunkan personilnya untuk melakukan pengamanan ibadah di seluruh gereja yang ada. Ini untuk menjamin rasa aman umat yang mengikuti misa atau ibadah paskah.

"Ada sedikitnya 16 gereja yang melakukan kegiatan ibadah mulai jelang paskah hingga pada malam atau minggu paskah," ujar Kapolres Kota Metro AKBP Agoes Soejadi, Jumat (29/3).

Gereja-gereja itu tersebar di sejumlah wilayah yakni delapan gereja di Metro Pusat, tiga di Metro Timur, dua di Metro Selatan, dan tiga di Metro Utara. Ia mengatakan, pihaknya menerjunkan 10 personil untuk menjaga keamanan di setiap gereja.

Personil yang dikerahkan berasal dari polsek-polsek dan seluruh satuan di polres. "Selain itu, kami juga dibantu aparat dari TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)," tuturnya. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Sopir Angkot Minta Polisi Tertibkan Pedagang Sepatu

Tribun Lampung - Jumat, 29 Maret 2013 11:25 WIB

Kepada Satlantas Polresta Bandar Lampung, saya pengemudi angkot memohon pedagang sepatu di lajur kiri jalan ditertibkan. Ini  karena sudah memakan badan jalan dan membuat macet. Saya takut terjadi  kecelakaan. Terima kasih

Pengirim: +6289663355xxx

Polisi Siap Tindak Lanjuti

Kami mengimbau juga kepada sopir angkot haurs tertib karena banyak yang berhenti sembarangan dan membuat macet. Dan terkait laporan pedagang sepatu di lajur kiri jalan yang mengganggu lalu lintas dan buat macet akan kami koordinasikan dengan pihak satuan polisi pamong praja (PP) untuk melakukan penertiban.

AKP I Made Bayu Sutha
Kasatlantas Polresta Bandar Lampung (eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Suami Lebih Satu Tahun Tidak Beri Nafkah Batin, Sahkah Pernikahan?

Tribun Lampung - Jumat, 29 Maret 2013 11:37 WIB

Assalamualaikum Wr. Wb. Kepada MUI Lampung. Apa hukumnya satu tahun setengah, saya tidak memberikan nafkah batin dengan alasan tertentu (istri pernah selingkuh). Sementara, nafkah lahir kewajibannya tetap saya lakukan. Apakah masih sah dan halal pernikahan Saya? Terima kasih

Pengirim: +6285769636xxx

Pernikahan Masih Sah

Kami jelaskan bahwa anda masih sah sebagai suami, dan yang berdosa adalah istri karena perbuatannya yang pernah selingkuh. Sebaiknya, istri harus berjanji tidak mau mengulang perbuatan itu lagi karena perselingkuhan merupakan dosa besar.

H Mawardi AS
Ketua MUI Lampung (eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Puluhan Siswa Latihan Tari untuk MTQ

Written By wartini cantika on Kamis, 28 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Kamis, 28 Maret 2013 11:08 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Puluhan siswa-siswi dari sejumlah SMA di Kabupaten Lampung Tengah berlatih tari kolosan. Tari ini akan digelar dalam pembukaan MTQ Tingkat Provinsi ke-41 yang akan diadakan di Lampung Tengah.

 Dari pantauan TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, Kamis (28/3), puluhan siswa-siswi ini sudah mulai berlatih secara intens sejak beberapa hari belakangan di Lapangan Merdeka, Gunung Sugih.

MTQ ke-41 rencananya resmi digelar pada 22 April 2013 mendatang. Selain tari-tarian, MTQ juga akan dimeriahkan dengan kedatangan artis ibu kota  band Wali dan Tengku Zaky pada malam pembukaan. (indra)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

60 Mahasiswa Akbid Gemilang Husada Ikuti Ucap Janji

Tribun Lampung - Kamis, 28 Maret 2013 10:30 WIB


Laporan Reporter Tribun Lampung, Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Sebanyak 60 mahasiswa mengikuti upacara peresmian, penggunaan pakaian seragam dan ucap janji mahasiswa Akademi Kebidanan Gemilang Husada, angkatan VII tahun 2012-2013, Kamis (28/3).

Kegiatan dihadiri oleh Asisten III Pemkab Lampura, Budi Utomo, dan ketua Yayasan Diana Metty. Kegiatan tersebut dihadiri oleh orangtua mahasiswa, dan tamu undangan. (Anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pajak Penerangan Jalan Sumbang Rp 4 M

Tribun Lampung - Kamis, 28 Maret 2013 10:45 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Leo David

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Sumber PAD lain yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi PAD Kota Metro adalah pajak penerangan jalan umum yakni sekitar Rp.4 miliar.

"Selain itu ada pajak bumi dan bangunan (PBB) yang pengelolaannya tahun ini mulai dilakukan oleh pemkot," ujar Kadispenda Metro Suroto, Kamis (28/3).

Di tahun-tahun sebelumnya, PBB dikelola pemerintah pusat di mana pemkot mendapatkan bagi hasilnya.
Tahun ini, Dispenda Metro menargetkan capaian PBB sebesar Rp.3,3 miliar.

Diketahui, total PAD Metro ditargetkan sebesar Rp.51 miliar tahun ini. Sumbangsih PAD terbesar berasal dari retribusi RSUD A Yani sebesar Rp.30 miliar. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Tahun Ini Dispenda Target Rp 3,3 Miliar

Tribun Lampung - Kamis, 28 Maret 2013 10:58 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Leo David

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Sumber PAD lain yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi PAD Kota Metro adalah pajak penerangan jalan umum yakni sekitar Rp.4 miliar.

"Selain itu ada pajak bumi dan bangunan (PBB) yang pengelolaannya tahun ini mulai dilakukan oleh pemkot," ujar Kadispenda Metro Suroto, Kamis (28/3).

Di tahun-tahun sebelumnya, PBB dikelola pemerintah pusat di mana pemkot mendapatkan bagi hasilnya.
Tahun ini, Dispenda Metro menargetkan capaian PBB sebesar Rp.3,3 miliar.

Diketahui, total PAD Metro ditargetkan sebesar Rp.51 miliar tahun ini. Sumbangsih PAD terbesar berasal dari retribusi RSUD A Yani sebesar Rp.30 miliar. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Empat Mahasiswa Unila Ikut Kongres Bidik Misi Nasional

Tribun Lampung - Kamis, 28 Maret 2013 11:18 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Sebanyak empat mahasiswa Forkom Bidik Misi Universitas Lampung akan mengikuti Kongres Bidik Misi Nasional yang diselenggarakan di Universitas Andalas, Padang, 29 Maret - 4 April 2013.

"Ke empat mahasiswa tersebut yakni M. Akbar, Amirudin Awalin, Naufal Falah Ilham, dan Ade Kurnia Putra," tutur Ketua Forkom Bidik Misi Unila M. Akbar, Kamis (28/3).

Menurutnya, acara tersebut merupakan suatu rangkaian bersama dengan Lomba Karya Tulis Bidik Misi Nasional, Seminar Bidik Misi Nasional, Aksi Damai, Focus Group Discussion, dan Bidik Misi Peduli. (eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Van Persie 2 Gol, Belanda Jaga Rekor Sempurna

Written By wartini cantika on Rabu, 27 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Rabu, 27 Maret 2013 10:21 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Penyerang Belanda, Robin van Persie, sukses mencetak dua gol yang menentukan kemenangan timnya 4-0 atas Romania pada laga lanjutan Grup D Pra-Piala Dunia 2014 di Amsterdam Arena, Selasa atau Rabu (27/3/2013) dini hari WIB. Tambahan tiga angka membuat tim "Negeri Kincir Angin" tersebut semakin menguasai klasemen dengan mengoleksi 18 poin dari enam pertandingan.

Robin van Persie menjadi aktor penting di balik gol pertama Belanda yang diciptakan Rafael van der Vaart pada menit ke-12. Bomber andalan Manchester United tersebut mengirimkan umpan terukur kepada Van der Vaart. Pemain Hamburg SV tersebut tak menyia-nyiakan peluang itu setelah sukses menjaringkan bola ke gawang Romania yang dikawal Costel Pantilimon.

Selepas gol tersebut, Belanda semakin menguasai permainan. Namun, untuk sementara serangan yang dilancarkan tim besutan Louis van Gaal itu masih bisa diredam oleh Romania sampai jeda.

Selepas turun minum, Van Persie kembali menunjukkan tajinya. Kali ini, penyerang berusia 29 tahun itu sukses melumpuhkan Pantilimon  pada menit ke-56. Arjen Robben tampil luar biasa dengan berhasil melewati dua pemain lawan, sebelum melepaskan umpan kepada Van Persie. Dengan cepat, Van Persie menanduk bola, dan gol.

Berselang sembilan menit kemudian, Belanda mendapatkan hadiah penalti menyusul dilanggarnya Jeremain Lens oleh Florin Gardos. Van Persie yang menjadi algojo sukses melepaskan tembakan yang membuat Pantilimon terkecoh.

Meski unggul 3-0, Belanda tak mengendurkan serangannya. Arjen Robben dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan tim tamu. Akhirnya, perjuangan mereka tak sia-sia setelah Jeremain Lens berhasil menjebol gawang Romania pada menit ke-90. Gol berawal dari tembakan Maher yang ditepis Pantilimon sehingga menghasilkan bola liar. Lens yang lebih dekat dengan bola langsung melepaskan tembakan, dan gol. Gol ini sekaligus memateraikan kemenangan Belanda dengan skor 4-0.

Susunan Pemain
Belanda: 1-Kenneth Vermeer; 2-Janmaat, 3-Stefan de Vrij, 4-Bruno Martins Indi, 5-Daley Blind; 6-Jonathan De Guzman (Maher 74); 8-Kevin Strootman, 10-Rafael Van der Vaart (Jordy Claise 80); 7-Jeremain Lens, 9-Robin Van Persie (De Jong 86), 11-Arjen Robben
Pelatih: Louis van Gaal

Romania: 1-Costel Pantilimon; 3-Razvan Dinca Rat, 4-Gabriel Tamas, 6-Vlad Chiriches, 22-Florin Gardos; 5-Alexandru Bourceanu, 14-Adrian Poparadu (Torje 63), 18-Mihai Pintilii, 20-Cristian Tanase (Chipciu 60); 7-Gheorghe Grozav (Mutu 68), 9-Bogdan Stancu
Pelatih: Victor Piturca

Wasit: Mark Clattenburg

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

SIM Keliling Ada di Museum Lampung

Tribun Lampung - Rabu, 27 Maret 2013 10:30 WIB

Jadwal mobil SIM keliling pada Rabu(27/3) berlokasi di Museum Lampung. Sementara untuk Kamis (28/3) berlokasi di Stadion Pahoman mulai dari 9.00 WIB - selesai.

Untuk persyaratan di antaranya:
- Fotokopi SIM 2 lembar
- Fotokopi KTP 2 lembar masih berlaku
- Surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas

Untuk biaya :
- SIM A  Rp 80 ribu
- SIM C  Rp 75 ribu. (eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Yuk Cermati Antara Razia Polisi yang Resmi dan Tidak Resmi

Tribun Lampung - Rabu, 27 Maret 2013 10:40 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Pemeriksaan adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh pemeriksa terhadap pengemudi dan kendaraan bermotor mengenai pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan serta pemenuhan kelengkapan persyaratan administratif. Namun bagaimana jadinya jika razia dilakukan pada malam hari tanpa adanya penanda khusus.

Mungkin sering kita mendapati ada razia polisi terhadap kendaraan bermotor pada malam hari yang tanpa tanda apapun. Bahkan di beberapa tikungan yang agak temaram, sering didapati razia kendaraan bermotor tanpa tanda-tanda yang jelas.

Nah tips kali ini membahas razia kendaraan bermotor, khususnya jika terjadi pada malam hari, seperti dirilis Homepage Mabes Polri, Selasa (26/03).

1. Surat Tugas

Pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan dapat dilakukan oleh Polisi Negara Republik Indonesia (Polri) dan Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kualifikasi tertentu di bidang lalu lintas dan angkutan jalan. Tata cara pemeriksaan yaitu:

Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas yang dikeluarkan oleh: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh Petugas Polisi Negara Republik Indonesia.

Surat perintah tugas sekurang-kurangnya memuat:
a. Alasan dan jenis pemeriksaan
b. Waktu pemeriksaan
c. Tempat pemeriksaan
d. Penanggung jawab dalam pemeriksaan
e. Daftar petugas pemeriksa
f. Daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama dalam pemeriksaan.

Razia Polisi Malam Hari

2. Penanda ada Razia

Tempat pemeriksaan wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor. Tanda dimaksud harus ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 meter sebelum tempat pemeriksaan.

 3. Jarak Tanda

Untuk pemeriksaan yang dilakukan pada jalur jalan yang memiliki lajur lalu lintas dua arah yang berlawanan dan hanya dibatasi oleh marka jalan, tanda harus diletakkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 meter sebelum dan sesudah tempat pemeriksaan.

4. Lampu Istirahat

Khusus untuk pemeriksaan yang dilakukan pada malam hari, selain harus dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan, juga wajib dipasang lampu isyarat bercahaya kuning terang.

5. Seragam

Petugas pemeriksa pada saat melakukan pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan.

Jika tidak ada tanda-tanda demikian, bisa-bisa razia hanya dilakukan oleh oknum untuk mencari uang denda.(kpl)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Terungkap, Pembeli Misterius 1 Juta BlackBerry Z10

Tribun Lampung - Rabu, 27 Maret 2013 10:55 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Misteri tentang pembeli 1 juta unit BlackBerry Z10 akhirnya terungkap. Ini merupakan pemesanan tunggal terbesar sepanjang sejarah ponsel BlackBerry.

Seorang sumber tepercaya mengatakan kepada situs teknologi AllThingsDigital, Senin (25/3/2013), bahwa pembeli misterius itu adalah distributor Brightstar yang berbasis di Miami, Amerika Serikat.

Brightstar menyediakan berbagai layanan untuk operator seluler, produsen, dan peritel di beberapa negara. Sebagian besar bisnisnya adalah mengendalikan secara resmi rantai pasokan ke peritel dan toko besar. Verizon Wireless ialah salah satu operator seluler yang memakai jasa Brightstar.

Pemesanan 1 juta unit BlackBerry Z10 tentu membawa angin segar bagi perusahaan asal Kanada itu. "Sebuah pesanan sebanyak 1 juta unit mampu meningkatkan kepercayaan pada BlackBerry 10," kata EVP Global Sales BlackBerry Rick Costanzo, seperti dikutip dari CrackBerry beberapa waktu lalu.

Brightstar akan meyakinkan para mitra dan konsumen untuk membeli produk andalan BlackBerry tersebut. Ponsel yang mengusung sistem operasi BlackBerry 10 itu akan bersaing dengan ponsel Android, Windows Phone, bahkan Apple iPhone.

Di Indonesia, BlackBerry Z10 mulai dijual pada 15 Maret 2013 dengan harga Rp 6.999.000. Kedatangan BlackBerry Z10 tidak membuat harga ponsel BlackBerry lawas menjadi turun.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Evi Susiana Terpilih Ketua BPK Aksindo Lampura

Tribun Lampung - Rabu, 27 Maret 2013 11:15 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Badan Pengurus Provinsi Asosiasi Kontraktor Konstruksi Indonesia (Aksindo) Provinsi Lampung melantik kepengurusan BPK Aksindo Lampura  masa bakti 2013 - 2018, Rabu (27/3).

Pelantikan secara simbolik dilakukan ketua BPP Aksindo Antoni Sibron. Adapun susunan BPK Lampura posisi ketua dipegang Evi Susiana, Tulki Hendrawan sebagai wakil ketua I, dan  Edwardo Manda Saputra sebagai wakil ketua 2.(Anung Bayuardi)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Kompolnas: Polri Jangan Takut Ungkap Pelaku Penyerangan Lapas

Written By wartini cantika on Selasa, 26 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 10:36 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Kepolisian Republik Indonesia diminta tidak takut mengungkapkan pelaku penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Kepolisian juga harus transparan menyampaikan hasil penyidikan nantinya.

"Polri tidak usah takut untuk ungkapkan si pelaku kalau itu memang sebuah kebenaran. Jangan ditutup-tutupi hasil penyidikan," ujar anggota Kompolnas Hamidah Abdurahman di Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Penanganan kasus itu kini dipimpin Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Sutarman. Kompolnas berharap pengusutan kasus ini cepat selesai setelah ditemukan beberapa bukti petunjuk awal. Menurut Hamidah, Sutarman juga harus mengevaluasi pemindahan tahanan ke Lapas Cebongan yang dinilai janggal.

"Kabareskrim juga harus menjernihkan persoalan pemindahan tahanan dari Polda ke Lapas. Disinyalir pemindahan tahanan ini yang kemudian terjadi penyerangan di Lapas," terangnya.

Di samping itu, anggota Kompolnas Edi Saputra Hasibuan yakin Polri dapat segera mengungkap kasus penyerangan yang menewaskan empat orang itu. Untuk itu kepolisian harus profesional dan menegakan hukum tanpa pandang bulu. Sebab, penyerangan diduga kuat dilakukan kelompok bersenjata yang terlatih.

"Walau pelaku sudah berupaya menghilangkan semua bukti di lapangan seperti CCTV dan pelaku menutup wajahnya, tapi Kompolnas yakin bahwa sesuai teori bahwa kejahatan itu tidak ada yang sempurna," kata Edi.

Sejauh ini, kepolisian telah melakukan uji balistik untuk selongsong peluru maupun proyektil yang ditemukan dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP). Hasil uji balistik diharapkan dapat mengungkap senjata yang digunakan pelaku untuk menembak korban. Berdasarkan keterangan saksi sebelumnya, pelaku menggunakan AK-47 dan senjata api jenis FN.

Seperti diberitakan, gerombolan bersenjata api laras panjang, pistol, dan granat datang menyerang lapas, Sabtu (23/3/2013) dini hari. Awalnya, mereka mengaku dari Polda DI Yogyakarta sambil menunjukkan surat berkop polda. Mereka mengaku ingin membawa empat tersangka kasus pembunuhan Sersan Satu Santosa, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Hugo's Cafe, 19 Maret 2013 lalu.

Mereka mengancam meledakkan lapas ketika permintaan ditolak pihak lapas. Akhirnya, petugas membukakan pintu dan belasan orang memakai penutup wajah masuk. Mereka menyeret petugas lapas menunjukkan empat tahanan yang dicari. Empat tahanan tersebut akhirnya ditembak mati. Mereka, yakni Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait.

Sebelum kabur, mereka juga membawa rekaman CCTV. Aksi itu pun hanya berlangsung 15 menit. Kasus itu kini masih dalam penyelidikan kepolisian. Namun Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Saroso membantah penembakan dilakukan anggota Kopassus. Kepala Seksi Intelijen Kopassus Grup-2 Kapten (Inf) Wahyu Yuniartoto juga menyatakan bantahan yang sama

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pria Bertato Jadi Korban Penganiayaan di Lokalisasi Kediri

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 10:46 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Primanova (28) warga Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menjadi korban penganiayaan di eks Lokalisasi Semampir, Kota Kediri. Korban yang menderita luka parah saat ini dirawat di RS Bhayangkara, Selasa (26/3/2013).

Informasi yang dihimpun Surya Online (Tribunnews.com Network), korban saat itu berada di eks lokalisasi, Senin (25/3/2013) malam.
Kemudian korban terlibat keributan dengan sejumlah pria hingga kemudian roboh berlumuran darah.

Kapolsek Kota Kediri Kompol Abraham Sisik saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya masih menyelidiki kasus penganiayaan tersebut.Untuk mengusut kasus itu polisi  masih meminta keterangan saksi-saksi.
"Korban belum bisa menyebutkan siapa-siapa," ujarnya.

Polisi masih menunggu hasil visum dokter untuk mengetahui luka yang diderita korban."Dia ditusuk atau tidak nanti visum yang menjelaskan," tambahnya.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Zainal Buka Musrenbang Pemkab Lampura

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 10:50 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menyelenggarakan musywarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Acara dibuka langsung oleh Bupati Lampura Zainal Abidin, Selasa (26/3).

Pelaksanaan berlangsung di aula pemkab setempat dan dihadiri kepala satuan kerja perangkat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, beserta pimpinan forum komunikasi pimpinan daera,. Selain itu kegiatan juga dihadiri Sekkab Lampura Rifki Wirawan. (Anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Perlu Penegakan Hukum Simultan demi Meraih Keadilan

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 11:05 WIB

 Laporan Reporter Tribun Lampung, Wakos Gautama

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Kita semua tentu prihatin dengan situasi penegakan hukum dewasa ini yang diwarnai dengan ulah oknum-oknum yang mencederai kehormatan hakim.

Karenanya kita membutuhkan upaya penegakan hukum yang sistemik dan simultan untuk menghadirkan nilai-nilai keadilan di masyarakat.  Hal tersebut disampaikan Prof I Gede AB Wiranata, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Lampung dalam acara peluncuran buku "Menjadi Hakim Progresif" karya (Alm) JP Widodo di Ruang Sidang FH Unila (26/3/2013).

Melalui rilis yang diterima Tribun diterangkan, JP Widodo adalah Dosen FH Unila yang meninggal akibat sakit saat tengah menyelesaikan disertasinya. Buku menjadi hakim progresif membahas problematika kebebasan hakim pada masing-masing pribadi hakim, membedah kontradiksi di balik putusan-putusan hakim yang berkaitan dengan rasa keadilan masyarakat.

JP Widodo melakukan kritik terhadap putusan-putusan yang berbasis teks ansich yang seringkali mengabaikan rasa keadilan yang notabene menjadi hakikat dari kebebasan hakim.

JP Widodo mengusung karakter hukum progresif yang mampu memahami hukum baik secara teks maupun konteks serta filosofinya. Hakim harus mencari corong keadilan,bukan sekedar corong Undang-Undang. 

Acara ini dihadiri keluarga almarhum, dosen FH Unila dan mahasiswa. Buku yang diluncurkan ini notabene adalah draf disertasi almarhum JP Widodo, dosen FH Unila yang telah berpulang di akhir tahun 2012. (Wakos)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pidato Presiden Ekuador Mirip Bung Karno

Tribun Lampung - Selasa, 26 Maret 2013 11:25 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Dalam pidatonya, Jumat (23/3/2013) waktu setempat Presiden Ekuador Ekuador Rafael Correa menyebut embargo adalah pelanggaran human right.

Menurut Ketua delegasi The 12th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly And Related Meetings Pramono Anung, apa yang dikatakan Correa sama seperti yang dikatakan oleh Bung Karno.

"Harmonisasi kehidupan. Dalam konteks tersebut, Asia terutama dan Indonesia sudah memulai itu. Apa yang dipidatokan Correa sebenarnya sudah dipidatokan oleh Soekarno di Asia Afrika dengan penjelasan yang lebih jelas," ujar Pramono Anung.

Apa yang diungkapkan Presiden Ekudor, kata Pram, menitikberatkan
mengenai kolonialisme, mengenai penjajahan dan lain sebagainya. Termasuka, ketidakadilan.

"Mengenai masalah demokrasi yang juga dibicarakan oleh presiden Equador. Indonesia, sudah lebih maju.
Banyak yang masih mengatakan demokrasi sebenarnya untuk apa. Sementara kita sudah menjalankan demokrasi, yang utama untuk kesejahteraan," kata Pramono Anung.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Gejala Penyakit Jantung Ada yang Mirip Maag

Written By wartini cantika on Senin, 25 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Senin, 25 Maret 2013 10:38 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Masyarakat harus mewaspadai penyakit jantung dengan cara mengenali gejala-gejalanya. Pasalnya, penyakit mematikan tersebut kerap menyerang secara tak terduga, tanpa peduli seseorang dalam keadaan lemah atau sehat sekalipun.

Baru-baru ini, penyanyi yang juga presenter acara olahraga Ricky Jo meninggal dunia tiba-tiba karena penyakit jantung. Padahal, saat kejadian, kondisi pria yang gemar bermain sepakbola ini terbilang cukup sehat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung dr Boy Zaghlul Zaini mengungkapkan, gejala-gejala penyakit jantung di antaranya seperti merasakan sakit maag, nyeri pada ulu hati, hingga sesak nafas.

"Kalau infark inferior (pembuluh darah tersumbat di bagian bawah jantung), gejalanya kadang-kadang mirip sakit maag, nyeri pada ulu hati, atau sesak nafas," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung dr Boy Zaghlul Zaini melalui telepon, Minggu (24/3).

Sementara jika kategorinya adalah infark superior (pembuluh darah yang tersumbat di bagian atas jantung), gejalanya biasanya berupa nyeri pada dada yang tidak hilang- hilang, kemudian menjalar ke lengan kiri hingga punggung atas.

"Kemudian, semakin lama semakin sakit dan sesak. Itu karena pembuluh darah jantungnya tersumbat, sehingga ada daerah-daerah tertentu di jantung yang tidak mendapat pasokan oksigen," beber Boy.

Jantung, menurut Boy, tidak boleh kekurangan oksigen dalam jangka waktu lama. Sebab, hal tersebut bisa mengakibatkan jantung berhenti berfungsi. "Kalau dada sakit di sebelah kiri, kemudian menjalar ke lengan dan punggung plus sesak nafas, harus cepat ke dokter," sarannya.

Kasus meninggalnya aktor Adjie Massaid seusai berolahraga juga patut menjadi perhatian. Boy meminta masyarakat tidak menyepelekan kondisi kelelahan seusai berolahraga yang membuat kalori habis.

"Faktor kelelahan, kalorinya habis. Kemudian, lemak yang berasal dari depot lemak, pecah menjadi kalori. Karena mendadak pecahnya lemak tersebut, masih ada butiran lemak yang ikut dalam peredaran darah. Lalu, menyangkut di pembuluh darah jantung yang akhirnya menyumbat," terang Boy.

"Artinya, setiap orang yang meninggal mendadak tanpa sebab, biasanya akibat serangan jantung. Karena, jantung kan pusat kehidupan, salah satu organ vital," imbuhnya.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Hari Ini Pemprov Bahas Rencana Pembangunan 2014

Tribun Lampung - Senin, 25 Maret 2013 10:52 WIB

Laporan Wartawan Tribun Lampung Wakos Gautama

TRIBUNLAMPUNG.co.id -

Forum gabungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) se-Provinsi Lampung menggelar rapat di gedung Pusiban komplek kantor Pemprov Lampung, Senin (25/3/2013). Rapat ini membahas tentang rencana program pembangunan di Lampung pada tahun 2014 mendatang.

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Berlian Tihang. Pada acara ini, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung Zainal Abidin memaparkan beberapa fokus pembangunan Lampung di tahun depan.

Zainal mengutarakan, tema rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2014 adalah "Pemantapan Pertumbuhan Ekonomi Daerah yang Berkeadilan Menuju Lampung yang Unggul dan Berdaya Saing". Menurut Zainal, tema ini masih konsep awal yang masih bisa dikritisi.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Jokowi: Pembebasan Lahan Makam Mbah Priok Masih Panjang

Tribun Lampung - Senin, 25 Maret 2013 11:14 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Masalah pembebasan lahan Makam Mbah Priok di Jalan TPU Dobo, Kelurahan Koja, Jakarta Utara, masih harus melewati proses yang panjang. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku belum melakukan pembicaraan terkait hal tersebut pada pihak terkait.

Dijumpai di Kampung Karang Kendal, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jokowi menjelaskan, pihaknya baru melakukan berbagai pendekatan pada ahli waris, tokoh ulama, dan masyarakat setempat. Ia menjamin, tak akan ada upaya penggusuran makam, karena yang akan dilakukan hanya sebatas mengembalikan lahan di sekitar makam menjadi akses jalan masuk dan keluar Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kita baru pada proses-proses pendekatan, jadi masih panjang. Bukan menggusur ya, kita ingin bicara dulu dengan semuanya," kata Jokowi, Minggu (24/3/2013).

Seperti diberitakan, Makam Mbah Priok di Jalan TPU Dobo, Kelurahan Koja, Jakarta Utara, terkena proyek pembangunan akses tol Tanjung Priok. Jokowi memastikan dia bakal menggunakan cara-cara persuasif untuk memberi pengertian kepada ahli waris lahan dan warga setempat. Ia menyadari isu pembebasan lahan makam itu sensitif sehingga rentan menimbulkan friksi, bahkan bentrok fisik dengan warga.

"Kita rangkul, dialog, win-win. Semua harus merasa diuntungkan, jangan sampai ada yang merasa dilangkahi. Saya akan temui ulama di sana, pedagang kaki lima, dan warga," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono menjelaskan, pembebasan lahan area makam Mbah Priok telah difasilitasi. Nantinya, luas wilayah makam itu akan diperkecil untuk memperlebar akses jalan yang menopang sibuknya Pelabuhan Tanjung Priok. Pasalnya, pintu masuk dan keluar akses tol Tanjung Priok akan berada persis di area makam Mbah Priok.

"Ini sengketa dengan Pelindo. Nanti tetap ada masjidnya, ada tempat untuk ziarahnya, tapi area makamnya sedikit menyempit, untuk menopang sibuknya aktivitas di pelabuhan," ujar Bambang.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Alat Selaput Lensa Tidak Masuk Tanggungan Jamkesda?

Tribun Lampung - Senin, 25 Maret 2013 11:22 WIB

Halo Tribun Lampung, kami mau bertanya kepada Dinas Kesehatan Bandar Lampung. Apakah operasi katarak di rumah sakit swasta dengan menggunakan kartu Jamkesda tidak menyertakan  alat selaput lensa di dalam tanggungan? Dan berapa harga standarnya? Terima kasih.

Pengirim: +6282371548xxx

Biaya Ditanggung RS Swasta

Program operasi katarak gratis di rumah sakit (RS) swasta biasanya ditanggung oleh RS swasta tersebut yang bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai penyandang dana. Umumnya program ini tidak ditarik bayaran. Untuk pastinya, tanyakan langsung sama panitia penyelengara.

Hilda Fitri
Kabid Bina Yankes
 Diskes Kota Bandar Lampung (eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

KPU-DPRD Bahas Pencalegan

Tribun Lampung - Senin, 25 Maret 2013 11:24 WIB

 Laporan Reporter Tribun Lampung,  Leo David

TRIBUNLAMPUNG.co.id - KPU Metro bersama DPRD melakukan rapat dengar pendapat menyosialisasikan proses pencalegan, Senin (25/3). Ini menyusul perubahan beberapa mekanisme pengajuan caleg.

Contohnya, anggota DPRD yang berasal dari partai tak lolos verifikasi harus mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat, jika maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari partai lain.

"Ini sesuai Peraturan KPU No.07 Tahun 2013, pasal 19," ujar Ketua KPU Rahmatul Ummah. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Unggah Foto "Topless" ke Facebook, Gadis Tunisia Dikecam

Written By wartini cantika on Minggu, 24 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Minggu, 24 Maret 2013 10:38 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Seorang ulama Salafi Tunisia menyerukan agar seorang gadis berusia 19 tahun yang mengunggah foto telanjang dadanya ke Facebook agar "dikarantina" dan "dihukum rajam" sebelum perbuatannya itu mewabah.

Sebuah harian Tunisia, Assabah News mengutip pernyataan ulama Alami Adek, kepala Komisi Kebajikan dan Pencegahan Perbuatan Jahat.

"Sesuai hukum agama, gadis itu layak mendapatkan 80 sampai 100 kali cambukan. Namun, apa yang dia lakukan lebih dari itu. Dia layak dirajam sampai mati dan dia harus dikarantina karena apa yang dilakukannya bisa mewabah," kata Alami.

"Gadis itu menderita penyakit serius dan menular, sehingga di harus dipisahkan dan ditangani," tambah dia.

Gadis yang membuat heboh itu bernama Amina, yang merupakan anggota pergerakan perempuan Femen.

Di akun Facebook-nya, Amina terlihat memegang sebatang rokok dalam kondisi telanjang dada. Di tubuhnya terpampang tulisan dalam bahasa Inggris berbunyi "Tubuh saya adalah milik saya".

Femen dalah organisasi perempuan yang berpusat di Ukraina yang kerap melakukan aksi protes ekstrim sambil telanjang dada yang mereka klaim sebagai upaya untuk menegakkan hak-hak perempuan.

Ketua Femen, Inna Shevchenko di Paris, Perancis, mengatakan Amina dibawa orangtuanya ke sebuah rumah sakit jiwa di Tunisia akibat tindakannya itu.

Sementara itu, sejumlah media Tunisia melaporkan tindakan Amina bisa mengirim gadis belia tersebut ke penjara selama dua tahun dan harus membayar denda sebesar Rp 600.000 hinga Rp 6 juta.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Hendak Jual Kopi, Iin Sunarya Kena Sabet Golok

Tribun Lampung - Minggu, 24 Maret 2013 11:22 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID/ANUNG BAYUARDI

Iin Sunarya (41) warga Way Petai, Sumber Jaya, Lambar mengalami luka bacok di bahu kiri akibat sabetan senjata tajam oleh pelaku begal.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Aksi pembegalan kembali terjadi di Kabupaten Lampung Utara, Minggu (24/3/2013) sekitar pukul 09.00 WIB.

Yang menjadi korbannya, Iin Sunarya (41) warga Way Petai, Sumber Jaya, Lambar akibatnya korban mengalami luka bacok bahu kiri akibat sabetan sajam.

Iin mengaku, saat itu dirinya membawa motor Honda Beat BE 5598 MQ, berboncengan dengan istri Ratna Wati hendak ke Lampura. Di sana mereka ke sana untuk menjual kopi.

Namun, saat melintas di jalan raya Soekarno Hatta, Dusun Talang Surabaya, Way Kunang, Abung Kunang, motor korban diikuti dua orang dan tiba-tiba memepet motornya. Seketika pelaku mencabut kontak motor.

"Salah satu pelaku menyabetkan golok ke saya, dan pelaku lainnya menodongkan senpi ke istri saya," ungkapnya.(anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Masuk Rutan, Jupe Digilir

Tribun Lampung - Minggu, 24 Maret 2013 10:49 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Julia Perez alias Jupe, baru lima hari menjadi penghuni tahanan Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Namun, ia bisa dengan cepat beradaptasi di lingkungan rutan dengan penghuni lainnya.

Selama di sana, Jupe telah melakukan berbagai kegiatan. Ia bersedia menyanyi memenuhi permintaan para tahanan lainnya, dengan senang hati tanpa ada paksaan dari siapapun.

"Dia diminta untuk menyanyi, digilir oleh teman-temannya di sel. Dia cepat beradaptasi," ucap Minola, sahabat Jupe, Sabtu (23/3/2013), di halaman Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Jupe, menurut Minola, sama sekali tidak mengalami intimidasi selama di tahanan. Malahan ia mendapatkan perlakuan yang baik dari teman-temannya di sana.

"Tadi saya menjenguk Jupe, keadaan dia cukup baik. Seperti tahanan yang lainnya," ucapnya.

Minola menuturkan meskipun seorang selebritis, kekasih Gaston Castano itu, sama sekali tidak pernah meminta perlakuan khusus. "Atau minta diberikan perlakuan khusus," tandasnya.

Sementara sang ibunda Sri Wulansih baru kemarin (23/3/2013) nampak menjenguk Jupe. Sri sendiri mengaku memang sempat dilarang Jupe untuk menjenguknya. Alhasil, Sri pun baru menjenguk putrinya setelah tiga hari ditahan.

"Ya kemarin sempat Jupe bilang jangan kesini dulu. Kita sudah biasa jauhan, kalau mamanya enggak dampingi dia tegar," tutur Sri usai menjenguk Jupe di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sabtu.

Sri menjelaskan bahwa kondisi putrinya itu sehat. Bahkan, ia mengaku aura positif kekasih Gaston Castano itu tetap terpancar meski harus mendekam di penjara.

"Alhamdulilah, dia tetap beri aura positif di dalam. Dia satu kamar sama yang lain 20 orang. Dia membaur, kalau ada yang kasih bantal dan selimut dia enggak mau, maunya membaur," jelasnya.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Enam Anggota DPRD Metro Harus Mundur Jika Jadi Caleg

Tribun Lampung - Minggu, 24 Maret 2013 11:06 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Anggota DPRD Metro yang berasal dari partai tak lolos verifikasi harus mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat, jika mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari partai lain. Surat Keputusan (SK) pemberhentian sebagai anggota dewan harus diterima KPU paling lambat 18 Juli 2013.

"Sesuai Pasal 19 Peraturan KPU No.07 Tahun 2013, anggota dewan asal partai tak lolos harus mundur jika menjadi caleg," ungkap Ketua KPU Metro Rahmatul Ummah, Minggu (24/3/2013). Dalam proses pendaftaran caleg di KPU, anggota dewan tersebut harus telah membuat surat pengunduran diri dan disetujui oleh partai asal, dan telah diproses oleh pejabat berwenang.

Menurutnya, pada masa perbaikan daftar caleg sementara (DCS), SK pemberhentian sebagai anggota dewan harus sudah diterima. "Masa perbaikan DCS terakhir pada 18 Juli, kalau sampai tanggal ini, belum ada SK tersebut, maka KPU akan menolaknya sebagai caleg," tuturnya.

Diketahui, terdapat enam anggota DPRD Kota Metro yang berasal dari partai yang tidak lolos verifikasi. Sebagian dari mereka dikabarkan berniat maju kembali sebagai caleg melalui partai yang lolos verifikasi Pemilu 2014. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Ketua KPU Metro: Keterwakilan Perempuan Wajib!

Tribun Lampung - Minggu, 24 Maret 2013 11:14 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Keterwakilan perempuan di setiap daerah pemilihan (dapil) bersifat wajib. "Di tiga besar urutan caleg suatu partai, harus ada keterwakilan perempuan, begitupula di tiga urutan selanjutnya," ungkap Ketua KPU Metro Rahmatul Ummah, Minggu (24/3/2013).

Menurutnya, minimal 30 persen kursi DPRD di setiap daerah pemilihan (dapil) harus diduduki oleh perempuan. Diketahui, KPU pusat telah setuju membagi Metro dalam empat daerah pemilihan yakni Metro Pusat, Metro Utara, Metro Timur, dan Metro Barat/Selatan. Pada pileg sebelumnya, Metro terbagi dalam tiga dapil. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Timnas PSSI Janji tak 'Parkir Bus'

Written By wartini cantika on Sabtu, 23 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Sabtu, 23 Maret 2013 10:20 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Tim nasional Indonesia menampilkan gaya bermain bertahan total ketika ditaklukkan 0-1 oleh Irak pada laga perdana Grup C Pra-Piala Asia 2015 pada 6 Februari lalu.

Namun, pelatih timnas, Rahmad Darmawan, memastikan taktik "parkir bus" tersebut takkan diperagakan saat menjamu Arab Saudi di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3/2013).

"Saya rasa tidak (strategi parkir bus). Timnas hanya akan memainkan taktik parkir motor. Artinya, pertandingan akan tetap terbuka dan tak melulu bertahan. Saya ingin anak-anak bermain sepak bola, yakni bertahan dan menyerang," jelas RD saat sesi konferensi pers di Kantor PSSI, Jumat (22/3/2013).

Terlepas dari itu, RD tetap meminta pasukannya untuk tampil disiplin pada pertandingan nanti mengingat Arab Saudi memiliki pemain-pemain yang cukup berbahaya.

"Arab memang lebih baik. Namun, peluang menang masih tetap ada selama bola itu bundar. Kami sudah menyiapkan strategi khusus," tutur pelatih asal Lampung tersebut.

Strategi khusus yang dimaksud RD adalah meredam serangan-serangan sayap Elang Padang Pasir yang dinilai cukup mematikan.

Firman Utina dan kawan-kawan harus mampu dengan cepat bertahan saat menahan serangan tim besutan Juan Ramon Lopez Caro tersebut.

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Jerawatan? Sembuhkan dengan Madu

Tribun Lampung - Sabtu, 23 Maret 2013 10:27 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Madu, hidangan sehat, manis, dan lezat itu tak hanya menyehatkan tubuh. Hasil olahan alami dari lebah ini bisa juga mempercantik wajah lho.

Lupakan pembersih mahal yang dijual di pasaran jika kita ingin mencoba menyembuhkan jerawat.

Gunakan masker madu dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. jerawat secara bertahap akan berkurang.

Kalau anda tipikal berkulit kering, coba madu. Atau kerutan kecil di daerah mata? Oleskan madu ke wajah. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

30 Peserta Ikut Local Work 2013 Darmajaya

Tribun Lampung - Sabtu, 23 Maret 2013 10:44 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Sebanyak 30 peserta mengikuti Genetaion Change, Local Work 2013 yang berlangsung di Aula, IBI Darmajaya, Sabtu (23/3/2013).

Peserta dibagi dalam lima kelompok. Acara berlajar berlangsung dengan santai. Workshop ini mengusung tema "Sosial Media for Tolerance In The Midst of Diversity."

Perwakilan Kedubes Amerika, Mr Philip Roskamp terlihat akrab bersama dengan peserta yang terdiri dari 30 mahasiswa dari universitas se Lampung ini. (Tribunlampung.co.id/Beni Yulianto)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Peserta Diminta Analisa Kasus dengan 5W+1H

Tribun Lampung - Sabtu, 23 Maret 2013 10:59 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Peserta Workshop Genetaion change, Local work 2013 yang berlangsung di aula IBI Darmajaya dibagi dalam lima kelompok.

Mereka kemudian ditugaskan untuk menganalisa sebuah kasus menggunakan rumus 5W+1H ( what, whom, when, where, why, dan how). (Tribunlampung.co.id/Beni Yulianto)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

PKPI Kota Alami Krisis Caleg

Tribun Lampung - Sabtu, 23 Maret 2013 11:18 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung,  Romi Rinando

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sekretaris DPC Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Bandar Lampung Darmawan Kadir menyatakan, partainya mengalami krisis calon legislatif (caleg). Pasalnya, hingga saat ini baru  10 caleg   persyaratan dan kelengkapan administrasinya, untuk didaftarkan pada daftar calon legislatif sementara di KPU  tanggal 9 April mendatang.

"Sampai saat ini  hanya  10 caleg yang siap. Padahal waktu pendaftaran DCS sudah hitungan hari. Ini karena PKPI sempat dinyatakan tidak lolos sebagai peserta pemilu oleh KPU Pusat," ujar Darmawan kepada tribun, Sabtu (23/3/2013).

Meskipun  harus bekerja keras mengejar ketertinggalan dalam  penyusunan caleg, Darmawan mengaku optimistis PKPI bisa menyelsaikan dan mendaftarkan calegnya ke KPU.

"Kita optimistis,  sejak dimenangkan di  PTTUN semua pengurus  tancap gas  dan besok kami akan gelar rakor,  langsung membuka pendaftaran caleg," bebernya. (romi-rinando)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Menhut Buka Turnamen Sepakbola Mini se-Tanggamus

Written By wartini cantika on Jumat, 22 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Jumat, 22 Maret 2013 10:19 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan membuka turnamen sepak bola mini ke-3 tahun 2013.

Turnamen ini diselenggarakan oleh Popsi dan Barusan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN). Dalam turnamen ini nantinya akan diikuti 174 tim se-Tanggamus.

"Harapannya ini menjadi wadah generasi muda untuk menyalurkan bakat di bidang olahraga. Dan nantinya muncul bibit-bibit baru dalam olahraga sepakbola," kata Zulkifli, Jumat (22/3/2013).(Tri Yulianto)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Tukang Ojek Bius dan Rampok Babysitter

Tribun Lampung - Jumat, 22 Maret 2013 10:30 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Malang menimpa DM (19), warga Paal Dua, Manado, seorang babysitter yang menjadi korban perampokan disertai kekerasan ketika dia ingin ke rumah majikannya di Kelurahan Buha, Mapanget. DM dirampok oleh tukang ojek yang tumpanginya dari Pasar Tuminting, Manado.

Berdasarkan catatan laporan kejadian di Mapolresta Manado disebutkan, peristiwa yang terjadi pada Rabu tersebut baru terungkap ketika orangtua DM melaporkan kejadian tersebut di Mapolresta Manado, Kamis (21/3/2013).malam.

Awalnya, tidak ada rasa curiga sama sekali dalam diri DM ketika menumpang ojek tersebut. Dalam perjalanan, tiba-tiba tukang ojek tersebut menghentikan motornya dan menodongkan sebuah pisau. DM diminta untuk menyerahkan seluruh perhiasan yang dikenakannya. Merasa terancam, ia lalu menyerahkan anting, kalung dan cincin emas yang dikenakannya. Juga sebuah ponsel BlackBerry dan uang sejumlah Rp 150.000.

Tukang ojek yang sudah mengantongi barang-barang korban ternyata tidak berhenti sampai di situ. Korban malah dibius, dan DM kemudian disekap di sebuah rumah kosong. Ketiga siuman DM menyadari bahwa ada dua orang lagi di rumah tersebut.

Kepala sub bagian Humas Polresta Manado AKP Ruswa Buntuan mengatakan, korban beruntung bisa melarikan diri pada malam harinya. Ayahnya yang tidak terima perlakuan tersebut melaporkan kejadian ini dan meminta aparat kepolisian segera menangkap para pelaku. Saat ini pihak kepolisian sedang menangani laporan tersebut.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Ledakan di Masjid Damaskus, 42 Orang Tewas

Tribun Lampung - Jumat, 22 Maret 2013 10:39 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Satu ledakan di masjid ibu kota Suriah, Damaskus, Kamis (21/3/2013), menewaskan sedikitnya 42 orang, termasuk seorang ulama senior pro-pemerintah, dan melukai 84 lainnya. Demikian diungkapkan pejabat dari Kementerian Kesehatan Suriah. Televisi negara dan para aktivis anti-pemerintah sebelumnya melaporkan 15 tewas.

Televisi tersebut mengatakan satu ledakan bunuh diri teroris menghantam Masjid Iman di pusat Damaskus, dan Mohammed al-Buti, imam Masjid kuno Ummayyad, merupakan salah satu di antara yang tewas. Buti, seorang ulama yang ditunjuk pemerintah dicerca oleh gerakan oposisi Suriah, menyampaikan khotbah shalat Jumat setiap pekan di televisi pemerintah.

Berbagai serangan di Damaskus selama konflik bersenjata dua tahun antara pemberontak dengan pemerintah Suriah, menjadi peristiwa yang biasa. Namun, ledakan di dalam masjid ini sangat mengejutkan kedua belah pihak yang bertikai.

Sementara itu, juru bicara pemberontak Suriah, Loay Maqdad, menyatakan bahwa unit-unit yang berhubungan dengan Pasukan Pembebasan Suriah tidak bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

"Kami Pasukan Pembebasan Suriah tidak bertanggung jawab atas operasi ini. Kami tidak melakukan bom bunuh diri dan tidak menargetkan masjid," ucap Loay kepada televisi Al Arabiya.

Video yang dirilis stasiun televisi Al Ikhbariya menunjukkan belasan mayat bergelimpangan dengan kondisi mengenaskan di karpet masjid sementara para pekerja emergency memberikan bantuan pertama pada korban yang masih hidup.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

14 April, Kickoff Divisi Utama 2013

Tribun Lampung - Jumat, 22 Maret 2013 11:00 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lampung FC akan bersua Persitara Jakarta Utara pada pertandingan perdana mereka di Kompetisi Liga Divisi Utama 2013 (LDU 2013). Jadwal tersebut didapat usai pertemuan manajer meeting yang digelar PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS), Kamis (21/3/2013) pukul 19.00 WIB, di Hotel Prasada, Jakarta.

Sementara, kickoff kompetisi LDU 2013 resmi bergulir pada 14 April 2013, setelah sebelumnya informasi jadwal kompetisi itu terkesan simpang siur. "Kickoff divisi utama fix dimulai 14 April 2013," ujar Manajer Pelaksana Tim Lampung FC Tommy Maulana Samudra ketika menghubungi Tribunlampung.co.id, Kamis (21/3/2013) malam.

Kemudian, lanjut Tommy, kompetisi akan dibagi dalam dua grup. Grup Barat dan grup Timur. "Lampung FC akan bergabung bersama dengan Persitara, Persipasi Bekasi, Persikap Kabupaten Bandung, Persikota Tangerang, Persipon Pontianak, PSSB Dieng, PSBL Langsa, PSIS Semarang, Persis Solo, PSMS Medan dan terakhir PS Siak Riau," papar Tommy.

Untuk hasil lainnya, Tommy belum bisa menginformasikan. "Sementara itu dulu yang bisa kita informasikan," ujar Tommy yang akan bertolak kembali ke Lampung pada esok hari.(*)
 

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Dompet Dua Pemuda Ini Simpan Satu Linting Ganja

Tribun Lampung - Jumat, 22 Maret 2013 11:06 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Dodik Hermanto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandar Lampung berhasil menangkap dua orang yang kedapatan sedang membawa narkoba jenis ganja. Keduanya yaitu Rudiyandi (26) warga Jalan Yos Sudarso, Gang Drauf Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Telukbetung Selatan dan Andi Suparman (36) warga Jalan Ikan Lele, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Telukbetung Bandar Lampung.

Kasubdit I Satnarkoba Polresta Bandar Lampung Ipda Herlan Arfa menjelaskan bahwa kedua tersangka tertangkap saat anggotanya sedang menggelar razia di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Selengsem, Kecamatan Panjang Bandar Lampung.

"Kedua tersangka kita tangkap saat mengendarai sepeda motor karena gerak-geriknya mencurigakan, setelah diperiksa ternyata dalam dompetnya ada satu linting ganja," jelas Herlan kepada Tribunlampung.co.id saat ekpose ungkap kasus di Satnarkoba Mapolres setempat, Jumat (22/3/2013) sekitar pukul 10.30 WIB. (Tribunlampung.co.id/Dodik Hermanto)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pencuri Kembalikan Uang Curiannya Setelah 30 Tahun

Written By wartini cantika on Kamis, 21 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Kamis, 21 Maret 2013 10:13 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Selama 30 tahun, pencuri ini mungkin tidak dapat tidur dengan nyenyak akibat perbuatannya.

Pejabat di Michigan menyatakan bahwa seorang pencuri mengirim surat ke kantor polisi. Ternyata, dia mengembalikan uang yang dicurinya sekitar 30 tahun lalu. Penulis surat itu mengatakan, dia telah mencuri sekitar 800 dollar AS atau sekitar Rp 7,7 juta. Uang itu dia ambil dari toko Middle Mart di dekat kota Middleville, Michigan, AS.

Dia mengirim uang sebesar 1.200 dollar AS atau sekitar Rp 11,6 juta. Pencuri itu berharap polisi membantu mengembalikan uang yang dicurinya berikut bunga kepada pemilik toko.

Wakil Kepala Polisi Bob Baker menyatakan para detektif dapat menelusuri pemilik toko. Pemilik toko itu telah menjual bisnisnya pada tahun 1988. Pemilik toko mengatakan sangat senang uangnya dikembalikan.

"Dia terkejut karena hal ini tidak terjadi setiap hari," ujar Baker. Baker mengatakan kantor polisi tidak berupaya menelusuri siapa pengirim surat tersebut. "Dari sudut pandang hukum waktu sudah berlalu. Jika hal ini mengganggu Anda selama 30 tahun, saya rasa itu merupakan hukuman yang setimpal," kata Baker lagi. (Reuters/UPI/joe)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Polda Teleconfrence Keselamatan Berlalu Lintas

Tribun Lampung - Kamis, 21 Maret 2013 10:40 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Dodik Hermanto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Polda Lampung menggelar teleconfrence dengan Polri dan jajaran kepolisian daerah di seluruh wilayah Indonesia, Kamis (21/3/2013). Kegiatan ini mengambil tema 'keselamatan berlalu lintas dimulai dari kita' yang diselenggarakan atas kerjasama dengan ikatan motor indonesia (IMI), Jasa Raharja, serta pemerintah daerah setempat.

Hadir di sana Kapolda Lampung Brigjenpol Heru Winarko, serta pejabat utama Polda Lampung, perwakilan pemerintah daerah, pengurus IMI daerah, dan klub-klub motor di Lampung. Dalam teleconfrence tersebut, tampak Wakapolri Komjenpol Nanan Sukarna.(Tribunlampung.co.id/Dodik Hermanto)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Wuihh...Film Porno Khusus Kucing, kok Bisa?

Tribun Lampung - Kamis, 21 Maret 2013 10:47 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kehadiran film porno atau video porno rasanya hampir mustahil untuk dihilangkan. Walaupun di Indonesia sudah ada filter untuk menutup akses ke berbagai situs penyedia film porno, film-film tersebut tetap banyak beredar. Bahkan, telah beredar film porno dari Jepang yang dibuat oleh kucing, seperti dilansir Japandailypress.

Anda tidak salah membaca judul artikel ini, tetapi.. isi film ini tidak seperti yang Anda bayangkan. FIlm ini bukan tentang kucing yang sedang melakukan hubungan seksual seperti film porno pada umumnya. Isi film ini adalah aktivitas kucing sehari-hari, bermain, tidur, menggeliat dan sebagainya.

alu kenapa film ini dikatakan film porno yang dibuat oleh kucing? Sampul film ini menggunakan sistem cerdas untuk mengecoh para pembeli. Judul film ini adalah Neko AV (kucing AV). Sementara di Jepang, AV adalah singkatan umum untuk Adult Video atau Video Dewasa. Ini adalah lelucon, karena AV dalam Neko AV adalah singkatan dari Animal Video atau Video Hewan.

Munculnya video tentang tingkah lucu kucing ditujukan dengan makin banyaknya orang yang mencintai hewan berbulu dan manja ini. Makin banyak foto dan video kucing yang beredar, semuanya tampak menggemaskan dan disukai banyak orang. Maka tidak heran jika perusahaan  Soft On Nyanko's membuat "adult video" dengan bintang utama kucing.

Nah, karena ini hanya lelucon, "film porno" kucing ini aman untuk ditonton siapa saja. Yang pasti, para pecinta kucing akan menyukai film ini.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Tersangka Pembunuhan Diringkus di Rumah Istri Kedua

Tribun Lampung - Kamis, 21 Maret 2013 11:00 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Dua pelaku pembunuhan pengusaha komputer, Imam Syafii, berhasil diringkus polisi. Polisi  meringkus D, di rumah istri keduanya di Kuningan, Jawa Barat, Selasa (18/3/2013) sore.

Satuan Kejahatan dengan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Sat Jatanras Direskrimum) Polda Metro Jaya kembali meringkus IW di Pondok Kopi, Klender, Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (20/3/2013) malam.

Demikian disampaikan Direktur Direskrimum Komisaris Besar Toni Harmanto, dan Kepala Sat Jatanras Polda Metro, Ajun Komisaris Besar Helmy Santika saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2013) malam.

"Malam ini kami telah menangkap pria berinisial Iw, tersangka kedua pembunuh Imam, di Pondok Kopi, Jaktim," ungkap Toni.

Ia menambahkan, menurut pengakuan D, Iw lah yang menjerat korban hingga tewas dan merampok.

"D merasa sudah puas membalaskan sakit hatinya kepada korban. D menegaskan, tidak membunuh dan tidak merampok korban," lanjut Toni.

Sebelumnya, Sat Jatanras Polda Metro bersama jajaran Polres Kuningan Jawa Barat, menangkap D di Desa Sumbakeling RT 002 RW 002, Pancalang, Kuningan, Jawa Barat.

"Dia kami tangkap di rumah istri keduanya yang sedang hamil anak ketiga," ucap Kapolres Kuningan, Ajun Komisaris Besar Wahyu Bintono saat dihubungi lewat telepon genggam.

Ia mengerahkan sembilan anggotanya, sedang Sat Jatanras mengerahkan 10 anggotanya.

"Rombongan Sat Jatanras berangkat dari Jakarta dengan dua mobil Kijang," ujar Wahyu. Setelah D ditangkap, dia diperiksa sementara.

"Kami memeriksa alibi-alibi dia, lalu mendokumentasi sidik jarinya. Pukul 23.00, rombongan Sat Jatanras Polda Metro kembali ke Jakarta," papar Wahyu.

Imam ditemukan tewas di bagasi mobil Vitara-nya, di lokasi parkir terminal 1C, Bandar Udara Soekarno-Hatta, Senin (18/3/2013) pukul 23.30.

Helmy mengatakan, polisi belum menentukan pengenaan pasal KUHP pada kedua tersangka. "Kami masih mendalami pemeriksaan kedua tersangka," ucapnya.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

BPS Lampura Sosialisasi Sensus Pertanian

Tribun Lampung - Kamis, 21 Maret 2013 11:07 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Utara melakukan sosialisasi sensus pertanian tahun 2013, Kamis (21/3).

Sosialisasi dilakukan di aula pemkab setempat, dan dihadiri oleh Sekda Kabupaten, Rifki Wirawan, Asisten II Pemkab Lampura, Azwar Yazid, dan kepala BPS setempat, Mimik Nurjanti, S.Si, M.si. Serta camat selampung Utara.

Rifki Wirawan menerangkan, sensus pertanian diharapkan dapat berjalan dengan baik, dan warga memberikan informasi yang benar.(anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Waduh... 2.676 PSK Cari Nafkah di Batam

Written By wartini cantika on Rabu, 20 Maret 2013 | 11.26

Waduh... 2.676 PSK Cari Nafkah di Batam

Tribun Lampung - Rabu, 20 Maret 2013 10:40 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lebih dari 2.676 pekerja seks komersial (PSK) atau dulu disebut wanita tuna susila (WTS) mencari nafkah di Batam. Bahkan jumlah itu tiap tahun kian tambah banyak. Demikian data terungkap dari  Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Batam, Zulherni menyebutkan, dari pendataan Dinsos Batam selama 2013 ditemui ada  2.676 WTS tersebar di beberapa titik di kota Batam.

"Mereka ini berada di titik lokalisasi di Pokok Jengkol, Samyong, Teluk Bakau Kabil, Teluk Pandan dan yang mangkal di BCA Jodoh," kata Zulherni, Selasa (19/3/2013).

Zulherni mengakui, pendataan  selama 2013 ini belum sepenuhnya akurat karena setiap tahun makin tambah banyak.

"Mereka tersebar di 50 bar di Batam. Setiap tahun jumlah WTS selalu meningkat 7 hingga 8 persen," ujarnya.  Jumlah PSK tidak akurat bukan berarti salah mendata melainkan mereka keluar masuk Batam dengan berbagai alasan. "Lebih banyak yang masuk ketimbang keluar. Misalnya yang keluar hari ini empat besok bertambah 7 orang," kata Zulherni.

Pihak Dinsos Batam  mengaku kesulitan untuk mencegah masuknya WTS liar ke Batam. Menurutnya, Dinsos Batam hanya berupaya untuk meminimalisir.  "Kita sangat  beraharap WTS liar di Batam tidak ada, tapi susah dicegah. Kita hanya bisa meminimalisir saja," kata dia.

Zulherni mengaku tempat panti pijat di Batam juga sering menjadi kedok transaksi esek-esekan  "Dinos tetap melakukan pembinaan bagi WTS agar mereka tidak bekerja di dunia itu lagi. Seperti memberikan  pelatihan dan keterampilan. Agar mereka ini tidak terus menerus menjalani aktivitas menjajakan diri," ujar Zulherni. (*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Tiap Jumat, Wali Kota Metro ke Kantor Naik Sepeda

Tribun Lampung - Rabu, 20 Maret 2013 10:48 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Wali Kota Metro Lukman Hakim mengharapkan seluruh pejabat menghemat bahan bakar minyak (BBM). Salah satunya dengan tidak mengendarai mobil pada hari Jumat.

"Setiap hari Jumat, saya sudah tidak pakai mobil, tapi naik sepeda. Saya minta seluruh kepala dinas mengikutinya," ungkap Lukman, Rabu (20/3/2013). Ia meminta para pejabat menggunakan sepeda dalam beraktivitas di hari itu.

Terkait kelangkaan BBM yang terjadi di SPBU di Metro, Lukman berharap pihak pertamina segera bisa mengatasinya. Ia sendiri kurang mengerti mengapa kelangkaan BBM kerap terjadi.

"Saya berharap betul bahwa pertamina melalui bagian pemasarannya untuk bisa mencari solusi," kata dia. Kepada masyarakat, ia meminta untuk menggunakan BBM sesuai dengan kebutuhan. (Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Air Panas Muncul di Samping Rumah Rusdi

Tribun Lampung - Rabu, 20 Maret 2013 10:58 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Air panas muncul di samping rumah Rusdi, desa Talang Balai Baru 1 Dusun 6, Kecamatan Tanjungraja Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (20/3/2013) sekitar pukul 07.00.

Sontak, warga langsung berduyun-duyun untuk ingin mendapatkan air tersebut. Warga percaya, air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.

"Pagi-pagi itu, terdengar suara kayak air mendidih. Setelah diperiksa, ternyata ada asap dan keluar air," kata Srimarleni, pemilik rumah tersebut. (Tribun Sumsel/And)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Apa Saja Yang Dibahas Gubernur Se Sumatera di Novotel?

Tribun Lampung - Rabu, 20 Maret 2013 11:03 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung, Safruddin

TRIBUNLAMPUNG.co.id BANDAR LAMPUNG - Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera  berlangsung di Hotel Novotel Bandar Lampung, Lampung, Rabu (20/3/2013) pagi. Rapat membahas percepatan pembangunan ekonomi di Pulau Sumatera.

Rapat yang bertema Percepatan Pembangunan Ekonomi Sumatera Melalui Peningkatan Konektivitas Infrastruktur Wilayah, SDM dan Teknologi Dalam Kerangka MP3EI ini dihadiri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. 

Rapat juga membahas percepatan pembangunan jalan tol, jalur kereta api Sumatera dan Jembatan Selat Sunda. Hatta Rajasa juga akan meresmikan pembangunan Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Terminal Agribisnis Lampung. (*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pemkot Metro akan Tambah Satu Unit Mobil Pemadam

Tribun Lampung - Rabu, 20 Maret 2013 11:07 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mengusulkan penambahan satu unit mobil pemadam kebakaran. Harapannya, ini akan diakomodir dalam APBD Tahun Anggaran 2014.

"Untuk sebuah kota memang harus lebih siap pemadam kebakarannya," ujar Wali Kota Lukman Hakim, Rabu (20/3). Saat ini, Kota Metro baru memiliki tiga unit mobil damkar.

Ia mengatakan, selama ini ia melihat kinerja damkar Metro cukup baik. "Kita beberapa kali membantu kebakaran di daerah atau kabupaten lain, begitupula sebaliknya," tuturnya.(Leo David)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Koorda Hanura Bantah DPD Tidak Mampu Gelar Musdalub

Written By wartini cantika on Selasa, 19 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Selasa, 19 Maret 2013 10:58 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Koordinator Daerah DPD Hanura Lampung Edward Marpaung membantah pernyataan Koorwil Hanura Provinsi Lampung yang mengatakan pengambilalihan musdalub Hanura oleh DPP, karena ketidakmampuan DPD menggelar musdalub.

Menurut Edward, pengambilalihan musdalub oleh DPP tidak melanggar aturan dan dibenarkan. "Sah-sah saja DPP menggelar musdalub di Jakarta, tetapi itu bukan karena ketidakmampuan Ketua Plt Hanura Lampung," ujarnya Edwar kepada Tribun.

Sebelumnya, Koorwil Hanura Lampung Vidi Galenso Syarief Musdalub menyatakan pelaksanaan Musdalub Hanura akan digelar di Jakarta Kamis (21/3/2013).(romi)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Awas! Jangan Parkir Sembarangan di Pemkab Lampura

Tribun Lampung - Selasa, 19 Maret 2013 10:21 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Petugas Sat Pol PP Kabupaten Lampung Utara menertibkan satu unit motor Yamaha Mio Soul BE 3418 JF, Selasa (19/3/2013).

Menurut Pantauan Tribunlampung.co.id, motor milik pegawai pemkab ini parkir bukan pada tempatnya, sehingga anggota memindahkan kendaraan tersebut. Nah, bagi anda yang hendak ke Pemkab Lampung Utara sebaiknya tidak parkir sembarangan, kalau tidak mau bernasib sama.(anung)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pasien Meninggal, Tak Satu pun Dokter Periksa Ganda

Tribun Lampung - Selasa, 19 Maret 2013 10:46 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Korban di RSUD sendiri di kertas diagnosanya ditangani oleh dokter T. Arfi yang mendiagnosa korban dan diketahui menderita leukimia akut tersebut. Namun meski telah didiagnosa, sejak korban berada di RSUD Arfin Achmad hingga dibawa pulang ke rumah duka. Pihak keluarga tidak pernah melihat keberadaan seorang dokter yang datang menangani korban.

"Sejak sampai di RSUD hingga mayat anak kami dibawa pulang, kami tidak pernah melihat satupun dokter yang memeriksa anak kami, cuma perawat yang datang," ujar Ateng yang bekerja sebagai buruh kasar pengangkut pasir ini, Senin (18/3/2013) malam.

Anak keempat dari empat bersaudara ini sebenarnya sudah mulai sakit sejak hari jumat lalu, saat itu Ateng sudah membawa anaknya ke RSUD namun karena alasan dokter tidak masuk akhirnya Ateng membawa pulang anaknya.

"Ironisnya lagi, Setelah anak saya meninggal baru masuk ke ruang perawatan dokter lepas tangan, dan sebelumnya yang mau masuk ke ruangan langsung melarikan diri, saya sempat emosi, karena sakit hati,tapi ditahan keluarga,"ujarnya.

Derita keluarga Ateng bertambah saat ingin membawa mayat anaknya pulang, karena keluarga korban belum memiliki kartu Jamkesda akhirnya, pihak RSUD Arifin Achmad sempat menahan mayat korban jika tidak menyelesaikan administrasi.

"Akhirnya KTP saya  masih ditinggal di RSUD, karena kalau tidak diberikan KTP tidak bisa membawa mayat anak saya, sebagai jaminan,"ujar Ateng.

Ateng dan Riris hanya berharap agar tidak terulang lagi dengan pasien lainnya di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. "Sekarang gimana lagi anak saya sudah tiada. Yang penting jangan sampai terulang lagi,"ujar Ateng.

Sementara itu, ketika Tribun mengkonfirmasi pihak RSUD Arifin Achmad melalui Kordinator Humas Masriah tidak bisa dikonfirmasi dihubungi beberapa kali tidak diangkat dan sempat juga di SMS tidak dibalas.

Ketua Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Riau Ahmad Fitri mendengar peristiwa itu sangat menyesalkan musibah yang menimpa keluarga Ateng tersebut.

Pihak Ombudsman mengatakan akan segera melakukan klarifikasi ke pihak RSUD Arifin Achmad kenapa bisa terjadi kelalaian dalam memberikan pelayanan seperti itu. "Saya dan dua asisten sedang tugas di Bengkalis akan segera ke pekanbaru untuk lakukan klarifikasi ke RSUD Arifin Achmad,"ujar Ahmad Fitri.

Ombudsman juga berharap pihak RSUD bisa makin optimal melayani pasien.(Cr11)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Pria Tewas di Bandara Ternyata Pengusaha Komputer

Tribun Lampung - Selasa, 19 Maret 2013 10:37 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Imam Assyafi'i (31), pengusaha komputer yang menjadi korban penculikan, ditemukan tewas di dalam mobilnya di Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (19/3/2013) dini hari. Adik kandung korban, Ahmad Dardiri (25), membenarkan bahwa kakak kandungnya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa lagi.

"Sekarang jenazah masih berada di RSCM," kata Ahmad Dardiri.

Keluarga korban yakin, Imam diculik oleh koleganya sendiri, sesama rekan bisnis. Sebelum meninggalkan rumah pada Sabtu (16/3/2013) lalu, Imam ditelepon oleh seseorang untuk diajak mengecek barang lelang. Imam kemudian meluncur sendirian ke Pulogadung menggunakan mobil Suzuki Grand Vitara warna hitam bernomor polisi B531EV.

Diduga, saat bertemu pelaku, Imam dipukuli dan dihabisi nyawanya. Pelaku menguras harta korban melalui kartu ATM, yaitu dengan pengambilan tunai sebesar Rp 10 juta, dan menggunakan ATM itu untuk bertransaksi di sebuah toko perhiasan. Imam meninggalkan dua orang anak dan seorang istri.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Ada Apa Yah di Website Ini, Klik www.lampungkita.co

Tribun Lampung - Selasa, 19 Maret 2013 10:50 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id BANDAR LAMPUNG - Meski belum secara resmi menyatakan maju dalam Pemilihan Gubernur Lampung, Berlian Tihang tampaknya sudah menyiapkan diri secara matang. Selain sosialisasi konvensional seperti spanduk, serta mendatangi masyarakat secara langsung, pria yang menjabat Sekretaris Provinsi Lampung ini juga merambah dunia maya.

Dikutip dari Tribunlampung.co.id, Selasa (19/3/2013), Berlian juga menyiapkan wesbite khusus untuk menyapa para pengguna internet di Lampung melalui alamat www.lampungkita.co.  Di sini tampak foto-foto kegiatan Berlian, foto keluarga serta program-program yang disiapkan.

Menariknya, ada juga kartu khusus yang disiapkan untuk masyarakat Lampung jika nanti Berlian maju sebagai calon gubernur. Kartu berwarna kuning dengan tagline Satu Kartu Beragam Manfaat. Penasaran? klik www.lampungkita.co. (*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Masuk Ruang Sidang, Venna Melinda Cium Tangan Suami

Written By wartini cantika on Senin, 18 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Senin, 18 Maret 2013 10:29 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Venna Melinda (40) menepati janjinya datang ke persidangan permohonan cerai pertamanya di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, Jalan HM Harsono 1, Pasar Minggu, Senin (18/3/2013).

Begitu turun dari mobil Alpard hitam B 712 IV, Venna segera berjabat-tangan dengan Liliana Santoso, kuasa hukumnya. Venna tidak banyak bicara sambil berjalan menuju Ruang Sidang I PA.

Sidang dimulai pukul 10.00. Saat Venna masuk Ruang Sidang I, Ivan dan kuasa hukumnya sudah menunggu.

Senyuman kecil terlihat di wajah Venna ketika berhadapan muka dengan suaminya tersebut. Sebelum duduk, Venna mencium tangan kanan Ivan. Sejurus kemudian, Puteri Indonesia itu tampak menempelkan tangan kanan Ivan ke keningnya.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Perusahaan Skala Nasional Cari Tenaga Administrasi

Tribun Lampung - Senin, 18 Maret 2013 10:20 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Sebuah perusahaan berskala nasional membuka lowongan pekerjaan bagi Anda yang berpengalaman di bidang spare part motor dan oli untuk mengisi posisi 

1.Salesman

2. Administrasi 

3. Staf gudang.

Persyaratan:

1. Pria (1&3) dan wanita (2)

2. Umur min 25 -30 tahun (1&3) dan 18-25 thn (2)

3. Pendidikan minimal SMU (1,2,&3)

4. Belum menikah (2)

5. Memiliki kendraan pribadi SIM C (1)

6. Bersedia dinas luar kota (1)

7. Menguasai komputer (2)

Kirim langsung lamaran ke Jalan Yos Sudarso No 122 A/B Teluk Betung Bandar Lampung (Seberang PT Budi Wahana Motor)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Survei LIS: Mance Tertinggi, Alzier Terpopuler

Tribun Lampung - Senin, 18 Maret 2013 10:50 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mantan Bupati Tulangbawang Abdurachman Sarbini atau yang akrab disapa Mance memilik elektabilitas tertinggi di antara bakal calon gubernur Lampung lainnya. Sedangkan Ketua DPD I Partai Golkar Lampung Alzier Dianis Thabrani memiliki popularitas tertinggi.

Demikian hasil Survei Lampung Independen Survei (LIS) yang dilakukan pada 1-10 Maret dengan melibatkan 760 reponden yang tersebar di kabupaten/kota se-Lampung.

Menurut Direktur Eksekutif LIS, Erwin Syahrir, dalam survei elektabilitas Mance mencapai 20 %,  Alzier 14%, Herman HN 10%, Amalsyah 6%, Berlian  4%, Riswan Tony 2%, Rycko Menoza 1%, Marwan Cik Asan 1%, Ferdinan Sampurna Jaya 0,76%, dan Gunadi Ibrahin 0,42%.

Sementara, dalam popularitas Alzier menempati posisi pertama yakni 31,%, Mance 24,%, Herman HN 19%, Amalsyah 12,%, Berlian 6 %, Riswan Tony 3,%, Rycko Menoza 1,24, Marwan Cik Asan 1,19%, Ferdinan Sampurna Jaya 1,%, Gunadi Ibraim 0,42%.

Menurut Erwin, LIS terus melakukan survei secara periodik, sehingga para kandidat bisa melihat hasilnya dan menyesuaikan strategi politiknya. "Dalam survei  terlihat jika populeritas ternyata tidak berbanding lurus dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas. Artinya, kandidat yang populer harus mengimbangi sosialisasi dengan penyampaian visi misi yang bisa diterima masyarakat," kata dia melalui rilisnya kepada Tribun.(*/romi)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

HUT Lampung, Pemprov dan DPRD Gelar Paripurna Istimewa

Tribun Lampung - Senin, 18 Maret 2013 10:59 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-49, pemerintah provinsi (pemprov) bersama DPRD menggelar rapat paripurna istimewa, Senin (18/3/2013). Pada rapat paripurna istimewa ini, para pejabat pemprov dan anggota legislatif memakai baju khas Lampung.

Gubernur Lampung Sjachroedin ZP memberikan sambutan pada acara paripurna istimewa. Sjachroedin memaparkan program-program pembangunan pemprov. Menurutnya, keberhasilan program selama ini merupakan hasil kerja keras semua pihak terutama jajarannya di eksekutif.

Acara paripurna istimewa juga diisi penampilan teater dari para siswa SMAN 1 Sumber Jaya, Lampung Barat. Para siswa ini menampilkan cerita tentang program-program pembangunan pemprov di masa kepemimpinan Sjachroedin-Joko.(wakos)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Ini Aturan Baru Penerimaan Mahasiswa Tahun 2013

Tribun Lampung - Senin, 18 Maret 2013 10:47 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id JAKARTA - Siswa atau calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 atau jalur masuk PTN dengan ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat memilih tiga program studi yang berbeda.

Ketentuan baru tersebut disampaikan Ketua Umum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013, Akhmaloka, Jumat (15/3/2013) malam, di Jakarta.

SBMPTN yang merupakan jalur masuk PTN melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan adalah nama baru yang tahun-tahun sebelumnya bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN kita dipakai untuk jalur masuk PTN melalui jalur prestasi atau undangan.

Dalam SBMPTN 2013, untuk kelompok ujian saintek, siswa dapat memilih tiga program studi sains dan teknologi. Bagi kelompok ujian soshum, siswa bisa memilih tiga program studi sosial dan humaniora. Adapun kelompok ujian campuran, dapat memilih program studi campuran dari kedua kelompok itu.

"Peserta ujian yang memilih dua program studi atau tiga program studi, salah satu pilihan program studinya harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian," kata Akhmaloka.

SBMPTN 2013 diikuti 62 PTN dengan tambahan PTN baru, yakni IAIN Walisongo, Semarang. Seleksi ini dapat diikuti siswa yang telah lulus Ujian Nasional 2011, 2012, dan 2013. Adapun SNMPTN 2013 hanya diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus UN tahun 2013.

Pendaftaran

Jadwal pendaftaran secara online SBMPTN 2013 akan dibuka 13 Mei pukul 08.00 hingga 7 Juni pukul 22.00. Adapun ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 dan ujian keterampilan pada 20 dan/atau 21 Juni 2013. Hasil SBMPTN akan diumumkan 12 Juli 2013.

Sekretaris SBMPTN Rohmat Wahab menambahkan, biaya pendaftaran bagi kelompok ujian saintek dan soshum masing- masing Rp 175.000. Adapun untuk kelompok ujian campuran Rp 200.000.

Wahab memberi penjelasan, SNMPTN 2013 yang merupakan jalur prestasi atau undangan diikuti 762.690 siswa dari jumlah total 1,8 juta siswa kelas XII yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN. Dari seleksi berbasis prestasi akademik dan non-akademik, diharapkan dapat diterima 135.381 siswa di 61 PTN.

Sistem PDSS akan diaktifkan kembali Agustus mendatang agar sekolah dapat secara bertahap memasukkan semua data siswa kelas XI dan X lebih lengkap. Harapannya, pada saat pendaftaran seleksi tahun 2014 sekolah tidak terbebani. (LUK)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

BLOCK Gelar Pengobatan Gratis di Rajabasa

Written By wartini cantika on Minggu, 17 Maret 2013 | 11.26

Tribun Lampung - Minggu, 17 Maret 2013 10:47 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bandar Lampung Onthel Community (BLOCK) bekerjasama dengan Jasa Raharja menggelar kegiatan pengobatan gratis di Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung, Minggu (17/3/013).

Ketua Bidang Sosial Pemasyarakatan BLOCK Herman Hosen menyatakan bahwa tujuan digelarnya pengobatan gratis ini yakni dalam rangka bakti sosial (baksos) kepada masyarakat.

"Kegiatan seperti ini biasanya dilaksanakan tiga bulan sekali dan sudah dua kali dilaksanakan untuk tahun ini yakni pertama di Sukarame kurang lebih dihadiri 300 warga dan sekarang digelar di sini," paparnya.(eka)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Inkanas Lantik Pengurus Baru Masa Bakti 2012-2013

Tribun Lampung - Minggu, 17 Maret 2013 10:55 WIB

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Hari ini Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) melantik pengurus daerah Lampung Inkanas masa bakti 2012-2016. Kegiatan yang rencana dimulai pukul 09.00 WIB sempat mundur sampai pukul 10.00 WIB karena terkendala teknis.

Acara ini diadakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, Bandar Lampung. Terlihat Kapolda Lampung Brigjen Pol Heru Winarko serta Wakapolda Lampung Kombes Pol Rusman yang terpilih sebagai Ketua Umum Inkanas Lampung dan Ketua Harian Inkanas Lampung hadir dalam acara pelantikan tersebut.(*)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Gelar Bazar Meriah, Smartfren Genjot Jumlah Pelanggan

Tribun Lampung - Minggu, 17 Maret 2013 11:05 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Gaya hidup masyarakat yang diikuti dengan tingginya kebutuhan akses internet, khususnya broadband, dimanfaatkan oleh Smartfren untuk mendorong pertumbuhan pelanggannya. Salah satunya dengan melakukan Bazar Meriah Smartfren yang dibalut dalam gelaran Petualangan Kwik Gematra (Gempur Sumatera) 2013.

Mengambil tempat di Lapangan Merah Enggal Kota Bandar Lampung, Sabtu (16/3/2013) sore, sejumlah produk unggulan ditawarkan pada masyarakat dengan harga spesial. Handhpone, smartphone android, tablet hingga modem merupakan sejumlah produk yang langsung diserbu pengunjung yang hadir.

Ditemui disela pembukaan acara, Handy Tamarudin selaku Cluster Manajer Area Lampung PT Smartfren Telecom Tbk gelaran ini diharapkan dapat menambah jumlah pengguna Smartfren. Sekaligus mendukung setiap lini aktifitas dan usaha masyarakat yang berbasis pada aktifitas internet.

"Lewat kegiatan ini kami berharap, masyarakat dapat lebih mengenal Smartfren dan keunggulannya khususnya di layanan data, selain itu kami juga berharap Smartfren dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat," jelasnya.(Heru Prasetyo)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More

Perempuan Swiss Diperkosa Massal di India

Tribun Lampung - Minggu, 17 Maret 2013 11:15 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Seorang perempuan asal Swiss diperkosa sekelompok laki-laki di negara bagian Madhya Pradesh, India Tengah.

Polisi menyatakan perempuan ini sedang berkemah dengan suaminya di sebuah desa di distrik Datia pada hari Jumat (15/3) di tengah perjalanan mereka bersepeda namun kemudian mereka diserang sekitar 10 orang.

Para penyerang melumpuhkan suaminya sebelum memperkosa perempuan malang tersebut.

Lebih dari 20 orang telah ditahan sejak peristiwa ini terjadi. Kedutaan Besar Swiss di negara itu menuntut agar aparat setempat melakukan penyelidikan tuntas.

Korban dilapaorkan berusia 39 tahun dan kini dirawat di sebuah rumahs akit di Gwalior. Dia dinyatakan sadar dan telah dapat berbicara pada aparat.

Pasangan korban mulanya melakukan perjalanan bersepeda dari Orchha menuju Agra, untuk menyaksikan Taj Mahal, dengan jarak sekitar 250km, dan kemudian memutuskan berkemah malam harinya di di sebuah desa.

Sebuah laporan menyebut menurut peuturan suami korban sekelompok pria datang sekitar pukul 21:30 lalu memukuli si suami dengan kayu kemudian mengikatnya dan memperkosa istrinya di hadapan suaminya.

Para penyerang juga dilaporkan mencuri barang berharga milik pasangan korban itu termasuk uang sejumlah 10.000 rupees (sekitar Rp1,75 juta) serta sebuah komputer laptop sebelum kabur ke hutan.

Insiden ini terjadi berselang tiga bulan setelah kasus perkosaan beramai-ramai sebelumnya menewaskan seorang mahasiswa usia 23 tahun saat menaiki sebuah bus di ibukota Delhi, yang kemudian memicu gelombang aksi protes massa terkait perlakuan terhadap perempuan di India.

Senin (11/3) lalu salah satu terdakwa dalam kasus itu ditemukan tewas di dalam penjara yang menurut klaim polisi karena bunuh diri.(bbc)

Akses lampung.tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat lampung.tribunnews.com/m


11.26 | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger